….Dan Kandidat Presiden Itu

Screen Shot 2014-07-06 at 21.44.06

Antara bangun atau lanjut tidur saja saya pikir, sabtu pagi dan hujan dari malam sudah pasti bikin malas gerak akut. ‘Jadi kamu ke kedutaan?’ tanya suami yang ingin memastikan saya untuk segera bangun dan mulai siap2. ‘Mendadak agak malas nih, masih ngantuk, tadi malam nonton bola sampai pagi, lagian hanya kehilangan satu suara, ga efek lah’ balas saya sambil tarik selimut.
‘Ya terserah, tapi apa gak sayang hak milihnya gak dipakai, 1 vote can make a different, coba kalau semua orang mikir hal yang sama’ jawabnya tetap usaha.

Hadeuhh, mau lanjut tidur malah jadi gak ngantuk, kepikiran juga karena apa yg suami saya bilang keknya lgs nyesss masuk ke hati dan otak. Ok cus akhirnya berangkat juga ke kedutaan.

‘Jangan sampai salah milih yah!‘ masih tetep pesan2 berantai dari suami sebelum saya masuk bilik PTS II di KBRI Brussels.

Sekitar kilasan balik sedikit, walaupun tidak tinggal di Indonesia, saya dan suami memang mengikuti cerita-cerita mengenai ex gubernur Jakarta yang satu ini, ya dari berita atau dari kawan saya seorang wartawan yang memang sering bertemu Jkw di berbagai kesempatan.
Kami menyebut beliau seorang legenda karena sosok yang berbeda dari politikus2 yang pernah ada dan masih ada. Suami saya susah menyebut nama Jokowi, apalagi Joko Widodo, semacam ribet gitu di lidahnya, jadinya supaya gampang dia selalu bilang “Obama from Indonesia” karena slightly memang agak mirip dikit walaupun jauh.

Di suatu malam saat kami mudik ke Jakarta bulan Februari-April lalu, kami diundang makan malam oleh seorang kawan di restoran baru di Jakarta keluarannya Tugu Hotel. Lewat jam 11 malam dan meja kami masih ramai oleh cerita dan tawa, namun hal itu gak terjadi begitu lama karena mendadak kita pun terdiam ketika ada sosok yang rasanya saya kenal banget entah darimana baru saja melewati meja kami, “eh eh eh ya ampun itu Jokowi deh keknya” dan teman saya pun mengiyakan apa yang saya lihat. Ternyata si bapak melewati meja kami menuju kamar kecil, saya pun menarik teman saya dan suami untuk mencegat di depan toilet, oh well sebenarnya gak segrasak grusuk itu sih, masih ada manner dikit kok 🙂
Semenit dua menit, kucluk2 bayangan nya pun keluar diikuti suara tapak kaki nya, tanpa malu-malu kami pun minta ijin beliau apakah ‘cegatan’ kami menggangunya, syukurlah Jokowi jauh dari sosok dengan gaya yang ‘sok busy’, justru sebaliknya semua cerita yang pernah saya baca ternyata adalah benar. Duh boro-boro deh kalau ketemu direksi, respondnya pasti gak seperti ini.
Saat itu Jkw sudah menyatakan diri akan menjadi kandidat Presiden RI, namun saya tidak melihat satu orang pun pengawal atau asisten di sekitarnya.

‘Beliau memang sering tau2 nongol mbak di restoran ini, boro2 pakai reservasi, jadi kita sering kaget kalau dia datang, kasian kalau sampai gak kedapetan meja karena disini sering fully booked” kata manager on duty restoran itu ketika saya tanya.

Ah itulah pertemuan singkat yang mengesankan dengan salah satu kandidat Presiden di tanah air saat ini, setelah dari Jakarta kala itu, kami melanjutkan perjalanan ke Bali dan di toko buku di bandara nampak deretan majalah lokal dan luar negeri yang memasang wajah Jkw di sampulnya, dan berasa seperti sudah kenal suami saya pun langsung ngambil beberapa majalah itu untuk disimpan katanya di rumah 😀 Salah satu majalah nya adalah Majalah Fortune dimana Jkw termasuk di dalam daftar world’s 50 greatest leader, together w/ Pope,Clinton, Dalai Lama, etc

I dont care who would you choose, namun semoga siapapun yang terpilih adalah hasil dari proses pemilihan yang jujur demi Indonesia yang lebih baik.

Advertisements

36 thoughts on “….Dan Kandidat Presiden Itu

  1. So nice 🙂 Sejak minggu lalu waktu surat suara nyampe rumah, suamiku excited banget. Dia belum tau apa-apa tentang siapa mereka yang ada di kertas suara. Terus aku bilang, pilih yang mana nih? Dia jawab, number 2 looks good and humble while the other looks like from military and has dictator style. Aku sih senyum2 aja. Terus aku bilang try to goggle them.

    Eeh malemnya sebelum tidur bilang gini “hmmm, please make your country safe. Choose somebody who wants to work hard for the country. Don’t let the killer be the president please. I don’t wanna see something happen like what we see in the movie The Act of Killing. Anyway, pilihan ada di kamu.”
    Aku kaget dan jleb jleb jleb. Baik pak suami. Saran anda akan saya pertimbangkan. Hehehe

    Semoga pemilu ini berjalan aman, damai, dan sportif. Semoga gak ada yang main curang. Amiiiiin amiiiin amiiiiin.
    Baru kali ini deg-degan sama yang namanya pemilu.

    • katanya sih don’t judge a book by its cover, tp apa kata suamimu diakuri ama suamiku juga dia pernah bilang hal yang sama jauh sebelum ketemu Jkw in real 🙂

  2. Dia emang humble banget mbak. Temen aku yang asli Solo kalo udah nyeritain soal Jokowi sampe berbinar binar penuh kebanggaan, soalnya hasil kerja dia di Solo nyata banget hasilnya buat rakyat (kata dia).
    Mudah mudahan yang terbaik buat Indonesia baru ya mbak 🙂

  3. Disini hari Minggu pada rame2 ke Konjen RI untuk milih dan antriannya ampun panjangnya! Pada hal kemarin hujan dan angin kenceng banget, tapi pada tetap semangat😃 Sayang, gue ga bisa milih tapi tetap salam ✌️… 😘😘

  4. suami juga awalnya gak tahu jokowi, malah dia sebutnya joko aja… nti dia googling baru dia ngeh… sekarang suka dia posting di wall ikut2an kampanye hahahha padahal dia gak bisa vote ..ada ada aja nih bule …

    • hehehee pasti dia sering baca juga atau pas nonton di tv kali yah, secara sering nongol juga tuh di CNN, yg terakhir mengenai issue kenapa Indonesia kok menaikkan kandidat presiden seorang mass murderer..ihh horror!

      • nah itu dia kayaknya…. pihak asing banyak mendukung nomor dua .. nampaknya kita lihat besok lah hari H … btw disana di tempat nya banyak wni juga ya ?

  5. Menyumbangkan suara yang berharga yah, Mbak. meski satu, bisa menjadi berubahan, kalau semua orang befikiran sama. pesan dari suaminya dalam sekali. jadi sudah nyoblos di luar negeri yah, selamat. pilihannya semakin mantap setelah ketemu beliau yah, Mbak 🙂

  6. Wahhhh seru banget ketemu sang legend!… semoga pemilu berjalan lancar dan aman. Ga curang. Dsb dsb….
    Pas banget itu kemeja suami ya mba fe….

  7. feb, ada anak kantor yang cerita juga dulu sebelum mencalonkan presiden sih ceritanya. ada mobil kijang biasa berhenti depan kantor, trus doi nongol aja gitu kucluk2 dan dibelakang mobilnya itu bebeberapa mobil Alpard berhenti juga dengan orang2 yang termasuk rombongan dia hehehe.

    • cerita mengenai dia emang ada2 aja deh, pas jaman banjir gede di Jkt tuh, nah ada wartawan cewe yg ampe midnite jg masih liputan, si Jkw nya ngeliat dan nyuruh dia pulang, wartawan nya nolak takut dimarahin boss nya gitu, eh tau ga sih Jkw lgs minta tuh wartawan untuk telp boss nya dan Jkw yg ngomong lgs nyuruh boss nya untuk suruh anak buahnya itu pulang :-))

  8. Aku kemaren ada di konser untuk Jokowi, sakit-sakit pun dibelain. Nggak cuma anak muda yang datang, tapi juga orang tua serta keluarganya. Sungguh menarik. Sekarang deg-degan pengen dia menang!

  9. aku besok rabu nyoblos nih mba. meskipun ktp bukan ktp jkt, tp bakal tetep memberikan suara di pencoblosan besok 😀
    kagum bgt sm sosok bapak yg satu ini. semoga beliau menang!!

  10. oalahhhh ini blog mu jg toh mba… pantesan td buka dr blognya mas cumi, knapa kliatan fotomu duluan.. aku pikir mirip, trnyata emg mba :D..

    Ah, jokowi emg udh jd jagoan keluarga suamiku dari dulu. bukan krn sama2 orang Solo, tp memang udah terbukti hasilnya sejak beliau jd walikota solo.. Mama lgs terkesan bgt ama pak JKW, pas beliau k Bulgaria saat papaku msh diplomat sana.. Trs papa ngeluh tentang listrik di rumah Jakarta yg nth kenapa wkt itu masalahnya.. Pak jkw lgs saat itu juga, nelpon somebody di Jakarta yg aku juga ga inget sapa, utk nyeleseiin masalah listrik di rumah papa yg di jkt.

    Gilaaa, baru kali itu ketemu pemimpin seperti itu… yg dicari emg SOLUSI, bukan cm janji2 palsu ;p. kalo pemimpin lain mungkin cuma ngejanjiin doang ato nyatet doang apa masalahnya, dan stlh itu dibuang k tong sampah kali ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s