Ketika Social Media Menghasilkan Uang

How_Do_I_Actually_Make_Money_From_Social_Media

Untuk orang awam yang hanya tau social media untuk sekedar upload foto makanan atau selfie, pastinya gak menyangka kalau dunia social media sekarang ini semakin menjanjikan. Banyak di antara para kenalan saya yang meninggalkan pekerjaan rutin kantorannya demi menyandang status pekerja ‘social media expert’.
Terus mereka kerjaannya apaan aja tuh?

1. Kekuatan social media di Indonesia memang menjanjikan, hanya dengan 1 kali tweet, seorang celeb twitter (akun dengan jumlah followers yang luar biasa banyak) bisa dibayar mulai dari $100 sampai ribuan dollar. Catat ya hanya sekali nge tweet bo! Gimana gak pada resign dari kantor kan?
Pemilik blog pun ya gak mau kalah, untuk blog dengan spesialisasi tertentu misalnya fashion blogger bisa dibayar +/- 5 juta untuk 1 postingan mengenai suatu brand di blog mereka. Harga/Rate Card biasanya ditentukan oleh seberapa banyak followers yang mereka punya atau statistik pengunjung ke blog tsb.

2. Buzzer
Sering denger sebutan buzzer? Mungkin secara langsung kamu gak tahu, tapi pasti kamu pernah beberapa kali baca di twitter ada akun yang memberi rekomendasi mengenai produk tertentu yang mereka iklankan. Ujung-ujungnya biasanya mereka memberikan mention ke akun brand tsb. Nah itulah pekerjaan seorang buzzer.

Ex: Yang paling sering beredar di soc-med adalah produk Samsung, produsen memberikan gadget keluaran baru mereka untuk para buzzer lalu buzzer nantinya wajib mengupload hasil dari gadget tersebut, ya namanya juga iklan, sudah pasti dengan bumbu pujian mengenai keunggulan produk tsb, sehingga followersnya pun ngiler untuk punya juga.

Banyak buzzer yang pandai berkata-kata sehingga gak keliatan seperti sebenernya dia sedang beriklan, tp banyak juga buzzer yang gengges dan keliatan banget ‘I’ll do whatever it takes to get a cash’ , ya gimana gak gengges ya bo kalau akun yang ngaku nya traveler dan ngebahas traveling tapi ngiklanin produk yang jauh banget dari dunia traveling, bikin ilfil doang ya bo bacanya jg.

3. Media Trip
Namanya boleh media trip, tapi sebenernya ini adalah jalan jalan liburan gratis, nah ini juga salah satu pekerjaan dari seorang social media expert.
Hah enak banget ya jalan-jalan gratis gitu! Pasti kamu berpikiran demikian, tapi asal tau aja mendingan liburan pakai uang sendiri deh daripada gratisan kek gini, kalau sekali-kali ya ok lah apalagi yang destinasi nya mahal bgt.

Trip seminggu aja bikin pusing apalagi nonstop yah, tau sendiri kan media trip gitu apalagi kalo yg ngundang dari luar negeri, pihak pengundang pun ga mau rugi dengan mengundang kamu datang nge trip secara cuma-cuma, itu ya yang namanya itinerary padat merayap setiap menitnya, tidur bisa sudah malam banget dan pagi-pagi sekali kembali beraktifitas, dijemput di hotel langsung menuju destinasi sesuai itinerary, begitu terus sampai acara usai. Sudah selesai sampai disitu? Ya gak lah, setelah media trip usai, masih harus juga yang namanya posting artikel, shout out di Twitter, upload foto2nya di IG. There s nothing such a free lunch ! 😀
Herannya mungkin atas nama ‘ah mumpung ada yg undang’ , banyak banget soc med expert yang mengiyakan semua undangan, jadi jangan heran kalau semua postingan di blog nya pasti akan ada tulisan “I am a guest from…..”

Dan yang lebih hilarious adalah ketika para soc med expert itu mengiyakan penawaran media trip dari perusahaan2 tambang, dengan dalih ‘wah honor nya gede lho & service nya ok’, people seriously??!

4. Dunia freelance bagi yang memang memiliki saving cukup pastinya gak seberat dengan mereka yang pas-pasan,  hidup itu keras jendral apalagi saat sepi job, jangan heran kalau antar buzzer ke agency saya sering menemukan tweet di timeline yang saling kiss ass ngareup job dalam arti sesugguhnya.

Intinya networking diantara para pekerja soc med sangatlah penting, kali aja si A dapat undangan media trip ke suatu tempat namun berhalangan hadir, nah si A bisa share undangan itu ke si B, demikian selanjutnya.
Sayangnya gak semua sebaik A, boro-boro yah sharing undangan, punya contact person suatu brand aja bisa dikekep sendiri lho karena ketakutan di lain waktu gak kebagian job lagi.

So, bagaimana dengan kamu para pengguna Instagram/Twitter/Blog? pernah melihat buzzer beraksi di timeline mu kah?

Advertisements

14 Comments Add yours

  1. Aku hanya bisa membaca sambil manggut manggut hihihi #melipir #permisi

      1. rianamaku says:

        Mungkin mas ya salah satunya..
        bagi ilmunya dung mas…?
        😉

  2. azmihoffmann says:

    akuh selalu bingung buat optimasi web ama soc med organisasi aku biar menghasilkan uang mbak… tapi dasarnya aku pro(castinator) dalam mengolah ide, jadinya aku masih belum pernah mulai buat searching cara menghasilkan uang pake internet hummmmmm,,,, bantuin dongs mbakks, mulai dari mana yaaa

  3. rianamaku says:

    Wadow…
    aku pernah dengar juga feb tapi tidak se rinci ini.
    wah pastinya tertarik juga hahaha.
    tapi mulai dari mana atau kita jemput bola dulu belum pernah ada penjelasan…

  4. Lorraine says:

    Pernah, sering malah lihat yang will do everything for money. Kalo gitu langsung unfollow 🙂

  5. joeyz14 says:

    Sering…tau buzzer di twitter…males sih. Apalaginkalo buzzer ttg politik. Macam jaman pemilihan gubernur DKI lalu. Seleb twit beraksi..

  6. Buzzer lagi marak tuh pas kmren pemilu presiden. Zzzhhhhhh -___-

  7. Di biodata aku nulis gak mau nulis untuk uang. Tapi masih ada aja yang nawari dan biasanya mereka mentok di syarat2ku karena fee nulis harus didonasikan ke organisasi orang utan dan postingannya juga harus dikodein iklan.

    Anyway, aku suka geli sendiri sama buzzer yang kerjaannya buzzing tapi nggak elegan. Apalagi travel blogger yang lu cerita, travel blogger kok ngiklanin minyak goreng ^_^

  8. Aku ngilernya sama media trip mbak Fe, hihi 😉
    Tp kalo itinerary tidak terlalu menyenangkan pasti genggeus juga ya bingung mo nulis apa di blognya

  9. Swastika Nohara says:

    Wow! Fashion blogger ratenya 5 jutaan per review produk ya? Apa aku banting stir jadi fashion blogger aja? Hahaha… Nggak lah, nggak seru jadi orang lain demi uang. Biarlah blogku kayak sekarang, klo ada brand yg minta review ya disyukuri aja, itu efek samping, bukan pendapatkan utama 🙂

  10. Maya says:

    Sering banget, heheheh bagusnya sih kalo dilakuin secara halus ya. Kalo ketara banget kok jatuhnya malah kayak spamming di TL yah 🙂
    Bener itu “There s nothing such a free lunch”, selalu ada udang di balik bakwan di balik tawaran yang terlalu menggiurkan dengan embel embel gratis 😛

  11. siti says:

    wah baca ini baru tahu tarif fashion blogger haha menarik sekali kalau 5 brand sebulan dapat banyak tuh kalo hidup disni………. itu mereka dapat job nya dari mana sih awalnya ? jadi pengen tahu…

  12. Sandrine Tungka says:

    Wow,, memang ada yang seperti ini ya …. Jujur aja baru tau yang namanya buzzer, bukan pengguna setia twitter. Cuman buat promosi blog sendiri. Tapi pernah siyh ngalamin satu kali Media Trip yang tidak disengaja. Itu aja shock bukan main awalnya, kirain modus penipuan baru. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s