WNI tanpa KTP

Beberapa hari ini saya lagi mikirin gimana nasib saya sebagai WNI yang kebetulan tidak tinggal di Indonesia dan otomatis gak punya KTP lagi. KTP terakhir sudah expired dan saya juga udah ga punya alamat rumah tetap di Indonesia.
Karena gak punya KTP ini otomatis beberapa birokrasi di Indonesia gak bisa saya penuhi juga, yang paling bikin susah adalah:

– Tidak bisa buka rekening di bank-bank di Indonesiaย 

Sudah saya coba beberapa bank besar di Jakarta dan Lombok (karena waktu itu pas lagi liburan ke Lombok dan mampir ke BNI), tapi semua jawabannya sama kalau saya harus menunjukkan KTP, mereka hanya nuruti peraturan BI dan saya paham.
Paspor RI yang saya punya sebagai identitas diri kewarganegaraan Indonesia juga sama sekali gak ada nilai nya ketika saya tunjukkan. Seingat saya dulu persyaratan membuka rekening adalah menunjukkan KTP/Paspor , iya KTP “atau” Paspor dan bukan KTP doang (cmiiw).

Staff di Bank sampai level manager juga nampaknya angkat tangan aja dengan kondisi kasus seperti ini, gak ada exception apalagi solusi.
Bikin KTP dengan meminjam alamat keluarga sih bisa aja, tapi saya gak mau juga kek gitu, saya kan gak tinggal di rumah mereka, dengan dicantumkannya nama saya di KK mereka seakan2 penduduk Jakarta jadi nambah extra 1 kan. Apa emang harus bohong gitu yah demi yang namanya memenuhi persyaratan?!

Ok lah saya mengerti bahwa KTP adalah kartu kependudukan yang diperuntukkan bagi WNI yang bermukim di Indonesia, dan dalam kasus ini saya tidak berhak memiliki KTP. Tapi terus urusan gak bisa buka rekening bank di tanah air sendiri rasanya absurd, atau memang seharusnya demikian? Ah gak juga, banyak WNI kok yang buka rekening di bank2 di Swiss, Singapore, etc dan mereka pun gak punya KTP negara itu.

Gak punya rekening bank ini cukup menyusahkan, karena saya juga punya pendapatan di Indonesia yang sialnya selalu dipotong pajak, while I dont have any right to open a goddamn Bank Account.

– eKTP , ePaspor
Boro2 deh ya yang namanya eKTP, KTP aja bikin gengges kek gini, terus gimana dengan ePaspor? ya wassalam juga, sampai saat ini di KBRI gak punya yang namanya mesin untuk membuat ePaspor untuk para rakyat Indonesia, ini kata staff imigrasi yang saya temuin di bandara Cengkareng saat pas kebetulan ada sosialisasi menggunakan auto gate di bandara untuk pemegang e-paspor.
Mana sekarang kalauย punya e-paspor bisa ke Jepang tanpa visaย pulaa kan ๐Ÿ˜ฆ

Apa ada teman yang bisa share lebih lanjut mengenai pembukaan rekening bank di Indonesia untuk para WNI yang tidak punya KTP ?
Please share ya ๐Ÿ™‚

Advertisements

48 thoughts on “WNI tanpa KTP

      1. Maaf lama balesnya feb..

        Aku dah tanya pihak bank memang sekarang harus pakai KTP. Nah kalau ktpnya udah habis masa berlakunya tetap harus bikin atau di ganti dengan surat izin menetap sementara tapi tetap harus izin RT,RW,KELURAHAN, KECAMATAN. Sambil bawa fc KK yang dulu di pakai buat KTP yang lama. Tanpa harus masuk ke KK itu lagi .
        Rempoooong beneng.

        Besok aku tanyakan ke Bank lain juga ya tapi senin.

        1. Ria, banyak terima kasih.

          Sepertinya aku ada sedikit titik terang Ri, yang bisa menerima paspor tanpa KTP adalah bank2 asing di Indonesia, seperti HSBC, Citibank kayak gitu deh Ri. Kalau bank2 Indonesia sama sekali ga bisa, karena peraturan dari BI kayak gitu. Kamu sering gak ke bank2 asing gitu? Mau dong ditanyain Ri plisss

          1. Ok deh aku kemarin memang ke bank lokal siiip senin feb jatahnya ngak papa ya…
            Udah ke Cimb juga kalau citibank ngak ada di yogya kalau HSBC ada kalau ngak aku bantu tlp ke Customer servisenya biar cepat..

  1. iya memag sangat mengherankan birokrasi kita ini ribet banget, sedang WNA saja cuma pakai paspor sudah buka account, MB aku buatin account di BCA buat jaga jaga kalau dapat gaji dari freelance nya masuk situ… si petugas bank memang pernah bilang semua birokrasi di Indonesia pasti pakai KTP kan penduduk sini, kalau saya tanya kalau yang di LN trus mau apply dia bilang ya perpanjang donk KTP nya katanya nebeng di KK keluarga saja…. itu jawaban mereka.. kebetulan teman saya banyak kerja di bank

      1. kayaknya pake passpor dan KITAS deh, ntar aku cek ulang dulu apakah bisa pake paspor saja atau mesti sama KITAS ya…ditunggu konfirmasinya besok

  2. Hai ,I read your blog. Met kenal ya. Gitulah jd wni. Taat pajak tapi apa timbal baliknya dr pemerintah, jalanan rusak ga diperbaiki dan mau urus surat untuk usaha aja dipalak oleh pejabat yg berwenang. pamer kalau ada orang lain yg kasih oleh2 tas michael kors dr usa, nyindir supaya dibeliin jg sm sy

  3. Feb, di Bank aku dulu (you know kan) bisa koq pake paspor doang walo pas awal2nya bakalan ditanyain KTP si hehehe. Gak tau kalau ada perubahan ya sekarang. E-paspor di Medan juga belon bisa (sabar yaaa hahaha)
    trus kalau gak ada KTP, gimana caranya bikin paspor ya? kan salah satu syaratnya pake KTP biarpun ngurus perpanjangann. Asli yang ini aku penasaran.

    1. bank kamu dulu apa ya? lupa! :)) SC bukan?
      kalau SC tadi aku liat bisa KTP or SIM, agak kemajuan dibanding bank lain sih emang non. Tanyain dong masih ada temen gak di sana buat nanya?

      Kalau untuk paspor justru ga ada masalah, hanya lgs ke KBRI bawa paspor lama, seminggu kemudian jadi paspor baru deh ๐Ÿ™‚

  4. Aku jg blm punya epaspor kak skrg, malah temenku yg baru bikin paspor jg dapetny yg buku hijau, blm selesai sepertiny deh sistem utk epaspor..
    Hmm soal gabs buka rekening bank agak repot yah, dan ak mlh blm tau kl paspor doank ga ckup utk bs buka account di bank indo ๐Ÿ˜ฆ

  5. Perpanjang aja mbak KTP-nya, selama mbak masih WNI. Setiap WNI kan berhak punya KTP dan memperoleh pelayanan dari negaranya… Soal mbak tinggal di Indonesia atau LN itu jangan dipusingkan (selama mbak masih ingin jadi WNI). Kalo udah mau ganti sampul paspor hijau sih, ya sutra tak usah punya KTP Indonesia lagi… Hehehehe… #kabursebelumditoyoryangpunya#

      1. Allo salam kenal,
        Mbak tinggal di belgia yah, kebetulan sama dong.
        Sy juga kendala ama ktp Jkt yg udah expire 1,5 th, dgr2 klo mau perpanjang susah loh skr E-ktp yg jadinya bakal luamaa bgt
        Ada yg pernah coba perpanjang malah dipermasalahin ama capil krn suaminya wna dan mrk kaga tinggal di indo jadi otomatis tidak boleh punya ktp

  6. Epaspor belum menyeluruh kayaknya mbak, terakhir aku bikin paspor katanya sih masih di beresin programnya. Aneh juga gak bisa buka rekening dengan paspor, harusnya sih bisa ya. Coba ntar aku tanyain suami ku deh. Soalnya persyaratan emang ktp/paspor. Bukan KTP doang. Kalo bank asing kayak HSBC/Citibank gimana mbak?

    1. ah mayaa tengkiuuu ide nya, aku barusan cek HSBC untuk buka rekening, ditulisnya KTP atau Paspor, sedikit titik cerah nih May. Mau aku telpon ah untuk make sure ๐Ÿ™‚

      btw suami mu orang bank jg May? boleh juga May tolong tanyain dong xixix

      1. Mbak, kalo kata suamiku (dia kerja di Citi) pake paspor bisa tuh. Itu termasuk primary ID selain KTP jadi kalo gak ada KTP, paspor bisa banget di pake.
        Begitu juga sama HSBC setau aku, tante aku ID nya udah pake paspor karena KTP nya udah lama gak di perpanjang ๐Ÿ™‚

      2. eh lupa mbak feb, mbak punya NPWP Indo kan? kalo paspor mesti di langkapi NPWP ternyata. sorry ketinggalan. Kalo mau syarat komplitnya nanti aku tanyain deh mbak, dia mesti liat manualnya dulu katanya, soalnya dia gak handle pembukaan rekening. Nanti aku email in aja apa ke mbak ๐Ÿ™‚

        1. May, u/ WNI yg tinggal luar Indo kan gak wajib punya NPWP , jadi aku pilih gak punya. Kalau ada income dari Indo lgs otomatis aku minta dipotong aja per transaksi jadi ga perlu report tiap tahun.
          Gimana tuh May? Pusing deh suami mu xixixixi

          1. Mbka kemarin aku udah tanya, sorry katanya sekarang NPWP tuh wajib buat di cantumin kalo apply rekening bank. Berlaku di semua bank katanya regulasi dari BI.
            Lah malah aku denger katanya 2015 yang jualan on lilne aja bakal kena pajak :/

            1. oh noooo….ahh ngeselin but thank you banget ya May udah repot bolak balik nanyain.

              Sepertinya emang harus bikin KTP dengan alamat numpang, ya abisnya peraturannya gak flexible gitu sih yah. Kemarin aku tweet Bank BNI, katanya KTP aja cukup ga perlu NPWP atau KK, we ll see nih prakteknya gimana, mesti mudik secepetnya nih aku gara2 rekening ini hiksss

              1. Hehehe sama sama mbak. Ya gitu deh emang buka rekening disini ribet. Aku buka rekening cuma dulu di bukain sama universitas sisanya di bukain sama kantor. Kalo ngurus sendiri mah bisa darah tinggi kali ๐Ÿ˜€

  7. wah aku ga punya pengalaman yang sama. tahun lalu aku bikin KTP karena disuruh Papah, baru diambil dua bulan lalu pas aku pulang. kata petugas di Kecamatan, pembuatan KTP bisa memakan waktu paling lama sampe 1-2 tahun, dan mereka ngomong ini dengan muka sedikit bangga gitu loh.. heran ๐Ÿ˜

  8. Buka rekeningnya offshore account Fab, jadi ga harus pake ktp. Cuma, di indonesia yg menawarkan offshore account justru bank asing di jakarta. Sama kayak kalo org indonesia buka account di LN, ya bisanya offshore account, kecuali punya ijin tinggal di negara tertentu.

    1. Thank you so much say advice nya ya, aku akhirnya buka2 HSBC dan memang disitu disebutin KTP or PASPOR, aduh seneng bgt baca kata ‘or’ .
      Udah aku email untuk make sure nih, lg nunggu responds nya.

  9. Aneh juga ya aturannya bahwa paspor yang notabene juga merupakan identitasi pribadi nggak diakui. Untung sebelum pindah dulu aku sudah ada rekening bank di Indonesia dan sampai sekarang rekeningnya nggak aku tutup (walaupun akhirnya harus bayar biaya admin terus tiap bulan padahal rekeningnya praktis nggak begitu terpakai, haha ๐Ÿ˜ฆ ).

    Dan iyaa itu kenapa aturan bebas visanya cuma buat yang e-passport aja?? #deritapemegangpasporbiasa

    1. make sure ada aktifitas selama 6 bulan di rekening mu itu Ko, kl gak otomatis tutup.
      Ini juga yg kejadian sama aku, sampe akhirnya bingung krn pas giliran mau ngurus ebanking udah ga bisa karena udah ditutup. ah elah kesel bgt, mana dapatnya account di Bank Mandiri kantor pusat pula. Sekarang jd ga punya account lagi deh ๐Ÿ˜ฆ

      1. Aktivitas di rekeningku padahal cuma bayar administrasi, terima bunga, dan bayar pajak aja loh selama ini ๐Ÿ˜ . Kecuali pas pulang kemarin sih dimana aku utak-utik sedikit rekeningnya. Tapi untungnya sebelum itu nggak otomatis ditutup ๐Ÿ˜ .

  10. hy semua. wah pada pusing ni, sama ni aku juga pusing mikirin buka rekening ama bikin ktp, kemaren mau bikin ktp tpi ngk bisa solnya kk ama akte aku hilang jdi pas mau buat ktp aku mikir mungkin bikin pakek paspor bisa ya, soalnya kan semua data nya sama kyk akte, eh mala di suruh bikin surat laporan polisi ama dokter kayak aku di anggap orang yg tidak di ketahui asal usulnya gitu, mohon infonya donk gmna enk nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s