Inspired by….

Ketika dunia travel blogger di Indonesia sedang kisruh dengan adanya perlombaan blog dengan hadiah liburan road trip namun melalui proses yang gak jujur, maka weekend ini kita baru aja melepas seorang teman pejalan dan team nya yang berangkat menuju ke Afrika tepatnya negara Gambia dengan kendaraan roda 4.
Perjalanan tersebut diperkirakan akan memakan waktu 3 mingguan. Acara ini rutin dilakukan setiap tahun dengan destinasi salah satu negara di benua Afrika dan tahun ini diikuti 25 mobil.

Travelingnya sih bukan sekedar jalan-jalan atau road trip tapi lebih ke aktifitas sosial. Jadi setiap peserta diminta membawa kendaraan bekas yang mereka biayai sendiri pembeliannya, lalu dengan kendaraan tersebut berkendaralah mereka ramai-ramai menuju negara tujuan tsb. Sesampai disana, kendaraan2 tersebut dijual (ya seperti 2nd life untuk si mobil itu, dan harga mobil nya masih bisa dijual tinggi dibandingkan dijual disini) lalu hasil penjualan mobil tersebut digunakan sebagai dana untuk pembangunan sarana sosial bagi penduduk Gambia.

2013-10-11 15.07.36

dokumentasi dari tahun lalu, dengan rute Belgia menuju Senegal di Afrika.

Keikutsertaan teman kita untuk acara ini sudah lama kita dengar, segitu lama dia menabung untuk beli mobil bekas dan kadang jualan waffle for fun, setiap uang yang masuk dari penjualan waffle disimpan untuk tambah2 pembelian mobil, sediki demi sedikit jadi bukit kan. Yang bantu dan support hanya lingkaran orang-orang yang dia kenal, beda ya kalau di Indonesia pasti udah heboh pake hestek di Twitter.

ahh banyak banget orang-orang yang sangat inspiratif di dunia ini, usia nya masih mid-30s tapi apa yang dia lakukan bikin kita terharu. This kind of person make us realize that we havent do much to others.

memberikan dukungan pada saat keberangkatan, semoga semuanya kembali dengan selamat

Advertisements

33 thoughts on “Inspired by….

    1. cerita4musim Post author

      Iya banyak komunitas seperti ini di Eropa, tujuannya lebih ke charity. Hanya kali ini special karena ada kawan yang ikut andil langsung, senang aja ngikutin cerita dan update nya 🙂

      Reply
  1. zilko

    Wow!! Berarti itu benar-benar full road trip dari Belgia sampai ke Afrika??

    Benar-benar hebat ya niat dan perjuangannya untuk mencapai itu! Niatnya aja udah keren banget. Dan perjuangannya benar-benar diusahakan sendiri kan, tanpa bantuan sosmed!!

    Btw, jadi penasaran nih. Berarti kemungkinan besar rutenya lewat Gibraltar ya karena naik mobil? 😀

    Reply
    1. cerita4musim Post author

      Iya, terus lanjut naik feri ke Maroko, lewat western Sahara, Mauritania, Senegal terus Zambia. Amazing bgt yah, ya kebersamaannya, niatnya, pengalamannya 🙂 YOLO banget ini 🙂

      Reply
  2. Dian Rustya

    Waaaahh, keren!
    Konsep perjalannya bagus dan usaha orang2 buat bisa ikut acara ini juga.
    Ga pake sikut2an, dan apa yg mereka lakukan itu selain bisa menginspirasi, juga membawa manfaat #terharu

    Btw, pas nglihat foto yg iring2an di padang pasir jd keinget Le Grand Voyage

    Reply
  3. Indonesia in my pocket

    ide bagus nih, belum pernah denger pake cara itu untuk charity. Kalau disini sih gak jual waffle untuk misalnya jajak Kilimanjaro atau sailing across the world solo, bikin aja account terus minta orang2 nyumbang deh, raise moneynya gitu.

    Reply
    1. cerita4musim Post author

      iya Ndien, kebanyakkan kan orang pada raise money for their own travel plan, kalau ini emang niat beli mobil bekas dan jual disana, baliknya ya modal sendiri lagi beli tiket pesawat one way yg justru lebih mahal juga….

      Reply
  4. Pypy

    Owh jadi baliknya dah pake akomodasi lain dong yah? Iya yah klo liat kayak gini macam tersentil deh.. Bukan belum banyak, malah kayaknya belum buat apa2 deh..huhuhuh..

    Reply
  5. Messa

    wow, hebat betul ya. udah capek2 dibeli lalu dijual supaya bisa membangun sarana sosial. gini baru keren. nggak perlu gembar-gembor nggak jelas, tapi bisa memberi perubahan utk kehidupan org lain yg membutuhkan.

    Reply
    1. cerita4musim Post author

      Yang support orang2 di lingkaran keluarga dan pertemanannya doang lho, bisa aja sih kalau mereka mau bikin promosinya lebih hype, pasti gak sampe seminggu uang untuk mobil seken lgs kebeli, as easy peasy as that! Tp justru mereka cari jalan yang lebih simple, it s a ll about the journey and not destination kayaknya 🙂

      Reply
  6. siti

    wah ada event kayak gini..wah seru pastinya… saya selalu kagum sama orang orang seperti ini yang punya sesuatu yang berbeda dan melakukan dan mengisnpirasi orang lain ……

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s