Si Rambut Merah & Bintik Hitam

It s always great to live in a country where you hear almost every languages that people are talking, with different kind of worldwide faces and skin colours. Everywhere.
Perbedaan memang indah ya gak? Makanya gw suka heran kalau berhadapan dengan orang yang sudah tahun 2014 gini masih aja rasis gak menentu.

Oh well gw gak mau ngebahas mengenai itu sih sebeneranya, jadi gini kita berdua tuh lagi senang banget ngeliat orang-orang yang punya rambut merah dan bintik hitam di wajahnya, orang sini bilangnya sproeten (keknya diadopsi juga ke bahasa Indonesia, cmiiw) dan bahasa Inggrisnya Freckles.
Biasanya kita berdua senggol2an saling ngasih sign kalau pas kebetulan ketemu di jalan atau dimanalah gitu, which is gampang aja karena those people with red hair so stand out from the rest of the crowd. Sungguh eksotis aja gitu lho, rambut merah yang natural diikuti dengan tekstur rambut yang seringnya ikal atau keriting. Makin double lagi eksotisnya.

kalau kata Yvan, di generasi waktu dia masih sekolah dulu, anak-anak dengan rambut merah dan kulit berbintik hitam seperti ini seringnya menjadi korban bully. Lah sama aja dengan yg sering gw tonton di film dong yah.

Hubungan antara rambut merah dan bintik-bintik disebabkan oleh gen yang namanya gen MC1R. Gen ini pada dasarnya bertanggung jawab untuk produksi protein MC1R yang terlibat dalam distribusi rambut dan kulit pigmen. Dua pigmen utama ini  mempengaruhi rambut orang dan kulit: eumelanin dan pheomelanin.
Orang dengan bintik-bintik dan rambut merah memiliki lebih pheomelanin dibandingkan orang dengan warna rambut lainnya dan kulit non-berbintik.

Karena penasaran banget dengan hal ini, gw pun browsing dan menemukan fakta seru mengenai si rambut merah ini :

1. Hanya 2% orang yang memiliki rambut merah di USA.
Dan ada 13% orang di Scotland.
Total di dunia hanya 1% saja, gimana gak unik yah ? 🙂

2. Adalah suatu kebanggaan bagi keluarga di Denmark kalau punya anak yang rambutnya warna merah.

3. Pada jaman Romawi kuno dan Ottoman Empires, para budak yang memiliki rambut merah dihargai lebih mahal dibandingkan dengan budak lainnya.

4. Ketika melewati orang berambut merah di jalan-jalan di Corsica, banyak yang meludah dan berbalik arah, ih rude banget yah!

5. Orang yang memiliki rambut merah memiliki kulit yang lebih sensitif, paling mudah kena memar kulitnya dibandingkan orang dengan rambut warna lain.

Advertisements

76 thoughts on “Si Rambut Merah & Bintik Hitam

  1. Waaa, dari kecil aku mau punya rambut merah 😀 tapi agak syok pas nonton film2 bule rambut merah sering dikata2in :p btw, kalo aku pribadi belum pernah liat orang yang rambutnya merah beneran gitu, merah nyala semacam vampir2 gitu. Apakah itu ada beneran atau cuma fiktif ya mba? 🙂

  2. bener.. aku juga cuman pernah liat rambut merah di film Brave. ahahha.. kalo dunia asli sih ada. tp kbayakan asia yg di cat2 gt. haha.. jd pengen google knp mrk so rude dngn orng rambut merah..

    • banyak banget lho kalau baca2 mengapa orang2 pada suka offensife gitu sama redheads, suka pada jahat gitu karena keknya udah dari jaman pagan rambut merah diasosiasikan dengan satan…

  3. Feb, aku paling suka liat cewek punya bintik2 itu hehe. kayaknya cute aja. Di kantor ada yang punya dan dia benci banget ama bintik2nya hahaha.

    o,ya yang no 4 berlaku ampe sekarang gak sih? kesian banget ya hiks

  4. Duh jadi inget tokoh kartun rambut merah dengan bintik2 yang kuncir dua kiri kanan itu… Siapa ya itu? Penasaran.
    Sayang ya imagenya suka ga bagus dibeberapa daerah padahal aku suka banget rambut merah ala ala Princess Merida di Brave itu.

  5. rambut merah yg seperti rambut merahnya Sarah Ferguson, mantannya pangeran Andrew bukan sih?
    aku yg keingat dia aja sih.., kl sproeten kayaknya lebih sering lihat.
    iya sproeten itu dulu sering dengar diomongin orang2 tua dulu, dari bahasa Belanda ya?

  6. baru tahu kalau perbandingan rambut merah yang asli itu hanya 1% , kebanyakan rambut dicat merah. Bintik-bintik itu apa gak bisa disamarkan atau gimana gitu ….

  7. Aku malah baru tahu klo yang berambut merah ini termasuk yang langka di dunia, kukira ada banyak di negara2 di benua Eropa sana

  8. Suamiku rambutnya merah, seperti yang digambar anak nomer dua dari kiri. Dan badannya penuh bintik2. Penuh banget. Tapi mukanya bersih. Aku dulu sampai kaget, soalnya kok kayak bintik2nya dalmation. Dan setiap tahun harus ke dokter, untuk cek bintik2nya itu jangan sampai menjadi penyakit *entah apa ya namanya. Termasuk golongan ini ga sih dia? baru tau kalau langka. Thanks for sharing 🙂

      • Dia yang bilang sendiri diawal “jangan kaget ya. Badanku kayak dalmatian” hahaha … Iya dia ga suka rambutnya merah. Makanya diwarna coklat. Tapi tetep aja terkadang terlihat merahnya kalo warna coklatnya mulai pudar 😀

  9. Biasanya orang rambut merah suka dibilang fierce juga, ga tau itu joking or fakta. Aku punya teman disini aslinya dari Ireland dan rambutnya merah tapi ga pake freckles dan emang iya temen aku ini very opinionated but kind tapi fierce juga 😃 My boys both of them
    Have freckles but they don’t have red hair hehehee…

    • eh iya mbakkk aku pernah ngeliat foto ur twins dan perhatiin ada freckles nya, duh lucu banget, mau bilang lupa terus secara aku pencinta freckles garis keras :))

      o ya aku baca jg artikel mengenai the most offensive things people say to redheads, salah satu nya fierce itu , so probably right ! 🙂

  10. Hahaha. kalau persentasenya di Belanda/Belgia berapa ya? Kayaknya lumayan banyak juga ya 😀 . Btw, lucunya kadang-kadang ada yang kayak campuran di tengah-tengah antara rambut merah atau blonde gitu, jadi bingung jadinya ini termasuk rambut merah ato blonde, hahaha 😆 .

  11. Aku lagi baca ‘Eleanor and Park’ jadi kebayang deh rambut merahnya.
    Kalo frecklesnya kebanyakan emang jd agak ganggu ya. Tapi aku suka2 aja..unik! Baru tau ttg istilahnya

  12. sama mba, aku suka banget kalo nemu karakter hero/ine di novel tu rambut merah and freckles. di tv show/movie juga. seneng aja liatnya. menurutku mereka gorgeous.
    makanya aku princess Merida xD

  13. Wow keren ada tulisan tentang ini… Di Jerman namanya Sommersprossen, seseorang dengan Sommersprosen akan merasa lebih percaya diri karena orang orang Jerman menganggap itu keren. Selalu diasosiasikan sebagai orang yang enerjik, pintar, namun kadang kadang jahil. Persis seperti tokoh Pippi Langstrumpf 😀

  14. wahh aku baru tahu loh soal rambut merah ini, ternyata cuma 1 persen yaaaaa dikit banget ya.. kalau pemilk rambut hitam kayaknya yang paling banyak sedunia yaaa…

  15. Gw punya temen yg punya spruten kayak gitu diwajahnya, Fe.. Cuman rambutnya gak sampe merah gitu, tp mmg gak hitam.. Sama dia juga waktu kecil katanya dibully, dibilangnya “itu banyak lalat yah dirumahmu sampe kemuka segala ada t*i nya” gitu.. ckkckck.. Untung dia ga sampe gmn2, sampe skrg bangga bgt malah 😀

  16. Kemarin pas di Flores aku ketemu sm cewek Scotland & aku cerita kalo aku kepengen bgt cat rambut jd warna ginger. eehhh doi malah cerita kalo di Scotland orang2 pd gasuka rambutny wrna merah ini. rumput tetangga selalu lbh hijau mgkin yes mbaaa? :p

  17. Pingback: Mixed African | Cerita4Musim♡

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s