Foie Gras – Hati Angsa Yang Mengenaskan

Nama boleh keren, harga boleh ajigile mahalnya. Status ekonomi seseorang pun akan terlihat ‘tajiran dikit’ ketika di restoran dirinya memesan menu makanan ini. Tapi udah tahu belum cerita kesadisan dibalik diproduksinya makanan ini?

Yup, I m talking about Foie Gras, makanan khas asal Prancis yang sebenernya udah ada sejak 2500 tahun lalu di Mesir. Bangsa Mesir lah yang pertama kali menemukan hati angsa atau hati bebek untuk dikonsumsi, lalu ada periode dimana Foie Gras menjadi langka dan akhirnya kembali booming karena orang Yahudi yang membawanya ke Prancis.

Sejak 2 tahun lalu, banyak states di Amerika yang telah nge banned foie gras ini, demikian juga di Belgia sini, walaupun masih banyak dijumpai penjualannya tapi sudah banyak sekali aksi yang menentang produksi, penjualan, dan pengkosumsian foie gras. Dan btw kalau gw perhatikan sudah hampir jarang nemuin menu di restoran yang mencantumkan foie gras di menu mereka, entah kebetulan atau karena aksi no to foie gras ini.

Emang kenapa sih bo? Ada apa dengan foie gras?
Jadi gini….foie gras memang hanyalah sebuah hati angsa, tapi bukan hati sembarang hati. Binatang lucu ini dipaksa harus makan sebanyak2nya, di luar kadar porsi yang biasa mereka konsumsi, semua itu dilakukan supaya hati yang diproduksi oleh mereka memiliki ukuran yang besar.
Dipaksa makannya ini juga sadis banget, jadi si peternaknya memasukkan pipa gitu langsung ke dalam mulut bebek dan angsa. Coba bayangin kalau kita yang dipaksa harus makan dengan porsi yang di luar batas kekuasaan kita?

Udah gitu kesadisan gak sampai selesai disini, kandang untuk mereka pun dibuat sangat kecil, supaya mereka gak ada space untuk gerak, karena kalau gerak otomatis lemak mereka menipis, ini tentunya tidak diinginkan oleh si peternak. Kaki-kaki hewan-hewan ini pun membengkak.

Perbedaan antara hati angsa yang normal dan melalui proses foie gras ini memang terlihat bedanya, biasanya hanya kecil dan berwarna kegelapan, namun foie gras menghasilkan hati angsa yang besar, berwarna putih, tekstur nya lembut, gurih seperti mentega. Inilah foie gras yang dijual seharga 200 euro an untuk 1 kilo nya.

Ingin mengkonsumsi foie gras atau tidak tentunya keputusan ada di tanganmu, tapi at least sekarang udah tau kan ya gimana prosesnya foie gras ini. Secara ya gw masih gedeg banget ngeliat ada temen yang bangga banget lagi selfie waktu belanja2 foie gras di pasar kaget di Prancis waktu dia liburan kesana, entahlah dia ngerti apa gak atau hanya tau kalau foie gras ini salah satu makanan mahal di dunia, jadi terkesan bangga mampu membelinya 🙂

Advertisements

58 thoughts on “Foie Gras – Hati Angsa Yang Mengenaskan

  1. Aku pernah baca juga artikel ini, tapi lupa dimana ya bacanya hehe. Btw, Mba Fe sendiri pernah coba makan ini ga dulu? Emang segitu enaknya kah rasanya Mba?

  2. Aku termasuk yang beneran nentang animal cruelty macam gini nih… n paling sebel kalo cerita menggebu2 ke orang yang nuraninya kurang ketukan kali ya, jawabannya “But it’s soooooo goooood!” 😦

  3. Sama kayak Noni, lgsg inget soal sapi gelonggongan.. Sedih bgt deh liatnya.. Ckckc.. Dan ga pernah dan ga doyan hati apapun sih, jadi dah tambah ga pengen makan even cuman untuk cobain..hihh.. sadis..

  4. Ini makanan salah satu makanan paling kejam di dunia karena penyiksaannya lama. Guwe gak makan angsa dan bebek karena mereka lucu, jadi guwe gak akan pernah makan foie gras.

    Btw, selain orang utan, salah satu makanan kejam Indonesia yang pernah guwe tahu adalah otak monyet. Mereka ditaruh di meja khusus hidup-hidup, terus langsung dipotong di depan yang mau makan, dan otaknya langsung diambil pakai sumpit.

  5. Aduh, gue selalu sedih kalo baca artikel begini lengkap dengan gambarnya. Kejam 😦 Walau gue kayaknya jauh dari menjadi vegetarian, tapi gue meyakini ajaran agama gue untuk tidak menyiksa hewan yang mau dikonsumsi.

    JAHAT banget, ya! 😥 😥

    *sakit perut liatnya*

  6. Aku pernah nyobain menu ini, dan nggak suka dong! Hahaha 😆 . Jadi antara memang beneran nggak suka foie gras atau lagi sial aja pas dapat yang tukang masaknya nggak jago 😛 .

  7. Hewan itu boleh dikonsumsi, tapi mbok ya yang baik memperlakukannya ya. Sapi disini aja pake dipijet2 gitu semasa hidupnya biar bahagia dan menghasilkan daging yang enak.
    Btw, itu sama aja makan hewan sakit liver ya, kan hatinya udah gak normal tuh.

  8. Pernah baca artikel tentang ini di Femina, dan thanks God aku sih gak suka segala macam masakan yang terbuat dari hati binatang. Sadis dah ya, mbok ya kalo udah mau makan itu disayang sayang :(. Aku setujua kalo foie gras ini di banned

  9. Pernah baca artikel tentang Foie Gras, emang ngeri dan kejam, herannya masih ada yang sampai hati makan, seenak apapun tetep aja gak tega ngeliat perlakuan ke angsanya, bahkan ada salah satu celebrity chef yang posting makanan di IG, mie pakai foie gras, langsung deh penggemarnya protes.

  10. Ya ampun kejam banget ya mbak. Semacam kalau di Indonesia mengglonggong sapi, biar beratnya nambah. Padahal caranya dengan dipaksa minum sebanyak-banyaknya 😦

    1. aku baru sadar pas liat rame2 banyak yang demo disini Ndah, sampai masuk media mengenai awereness ini. Jadi jijik juga setelah tahu, gak ketelen deh tuh foie gras sekarang 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s