Bebas Visa Turis ke Indonesia

Berita sore ini mengenai peraturan baru visa turis untuk WNA yang ke Indonesia pastinya menyenangkan untuk pasangan campur kek gw. Menurut berita ada 30 negara yang bisa ke Indonesia tanpa visa, kebanyakkan adalah negara EU.

Untuk lengkapnya, berikut nama 30 negara tersebut :

1. RRT 2. Jepang; 3. Korea Selatan; 4. Amerika Serikat (AS); 5. Kanada; 6. Selandia Baru (New Zealand); 7. Meksiko; 8. Rusia; 9. Inggris; 10. Jerman; 11. Perancis; 12. Belanda; 13. Italia; 14. Spanyol; 15 Swiss. 16. Belgia; 17. Swedia; 18. Austria; 19. Denmark; 20. Norwegia; 21. Finlandia; 22. Polandia; 23. Hungaria; 24. Ceko; 25. Qatar; 26. UEA; 27. Kuwait; 28. Bahrain; 29. Oman; dan 30. Afrika Selatan.

Yang biasanya suami gw mesti bayar visa on arrival sebesar US$ 35 untuk durasi 1 bulan, ya lumayan lah sekarang gak perlu pakai visa lagi, walaupun durasi nya juga hanya 1 bulan.

Btw gw cukup surprise gak ada Australia di daftar bebas visa kunjungan ke RI itu.

Aihh jadi pengen mudik deh ah 🙂

Related post : http://finance.detik.com/read/2015/03/16/185853/2860364/4/

Advertisements

63 thoughts on “Bebas Visa Turis ke Indonesia

  1. Australia katanya gak punya sistem apa gitu (lupa istilahnya) yg memberikan bebas visa balik untuk kita, jadinya gak termasuk deh mereka. Apakah dengan ini Indonesia juga akan bebas visa ke 30 negara itu? Penasaran hehe

  2. Woooow, dan mataku spontan juga nyari Australia kok nggak adaaa.. ditunggu mudik tanpa visa-nya ya mbak Fe ;). Pengennya sih sebaliknya sama, Indonesia jg gak perlu visa kalo ke 35 negara itu #ngarep

        • mestinya udah lama tuh RI minta bebas visa ke Jepang, secara mereka mantan penjajah, lu liat deh negara lain yang dijajah Portugal or British, negaranya bisa datang tanpa visa lho….as well to Holland sih mestinya, tp keknya nego skill pemerintah masih gak sejago soekarno :))

      • Iya, negonya gak jago atau gak niat ya 😛 .

        Yaa, mudah-mudahan ini ke depannya ada imbal baliknya juga deh. Dengan memberikan free visa begini kan ini bisa dijadikan salah satu poin untuk negosiasinya ntar. Orang lu udah gw kasi free visa, sekarang sama lah, orang gw juga ga perlu visa buat ke tempat lu. Begitu kali ibaratnya 😛 .

  3. Di artikelnya disebutkan,
    “‎Bukannya kami tidak memasukkan Australia. Di Australia berlaku universal visa, setiap orang yang datang ke Australia harus menggunakan visa, termasuk dari Indonesia. Sementara di Indonesia berlaku resiprokal (asas kesetaraan),” jelas Arief.

    Kalau berlaku resiprokal, berarti seharusnya WNI juga dapat kemudahan ke negara-negara tersebut ya. 😀

      • Sepertinya maksudnya pemerintah dalam hal ini adalah pemerintah Indonesia yang “bergerak duluan” memberikan free visa bagi negara-negara tersebut, dengan harapan nantinya hal yang sama bisa diberikan juga untuk pemegang paspor ijo. Mungkin ini maksudnya resiprokal. Yaa, untuk salah satu point for negotiation lah 😀 .

        Bedanya dengan Australia adalah, Australia nggak akan pernah mungkin memberikan free visa bagi negara lain karena kebijakannya itu. Jadilah kalau pemerintah Indonesia “bergerak duluan” pun nggak akan ada hasilnya nanti 😛 .

  4. Australia lagi di black list sm Indonesia gara2 masalah execution si dua orang itu Feb. Begitu yg gw baca di media sini. Which is stupid I think, karna ga ada hubungannya kan sebenarnya, tapi emang dasar politik! Tapi maksud free visa ini sebenarnya hanya utk visa on arrival kan ? Jadi ya sama aza dari dulu aku dan anak2 sll jg byr USD 35 buat visa on arrival. Bebas visa turis ini apakah berarti warga Indonesia jadi bisa ke Europe misalnya, tanpa harus apply schengen visa? Or ke USA tanpa harus apply USA visa juga?

    • aku ga paham dengan apa yg dibilang sama menteri pariwisata nya mbak, dia bilang kalau di Australia berlaku universal visa, setiap orang yang datang ke Australia harus menggunakan visa, termasuk dari Indonesia. Sementara di Indonesia berlaku resiprokal (asas kesetaraan), lah kalau gitu mestinya WNI bisa ke Prancis, Belgia, etc tanpa visa jg dong, kan kesetaraan….gak jelas abis !

      maksudnya WNA yang negaranya disebut itu, berarti gak perlu visa lagi kalau ke Indonesia mbak, durasi 30 hari. Dulu kan perlu visa atau VOA 35$ , skarang ga perlu visa lagi.

  5. Good to know secara anak anak gak ada yg punya paspor Indo. Lumayan ntar pulang Indo Saving duit visa. Hahaha. Jd intinya gak ush visa sama sekali ya (bukan pake visa tp gratis)?

    • Emma Andrew pakai paspor biru doang ya Man? Gak duo nasionality gitu kah?
      Iya kalau lu mudik, cus tinggal mudik aja, keknya sih gak pakai visa lg ya, karena sepengetahuan gw lembar visa itu sebagai tanda pembayaran.
      Btw, in hanya berlaku utk durasi 30 hari.

    • dari 26 negara schengen aja hanya 12 negara yang kepilih jg tuh…gak penting sih sbenernya negara mana yang dapat, yg penting gimana caranya paspor RI bisa masuk tanpa visa, ya gak sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s