Boycott Dolce & Gabbana

Dunia dihebohkan dengan kampanye untuk memboikot produk2 dari Dolce & Gabanna beberapa hari ini, dengan alasan pernyataan mereka yang anti IVF untuk pasangan gay karena menurut D & G anak-anak hasil IVF adalah anak sintesis.
Pernyataan tersebut tentunya dianggap sebagai perang untuk mereka yang pernah atau sedang melakukan proses bayi tabung ini, yang paling membuka suara adalah Elton John dan Ricky Martin, karena Elton John sendiri punya 2 anak hasil IVF melalui surrogate mother.

Gw jadi inget sama Mitchell and Cameron , untuk yang sering nonton TV Serial Modern Family pasti tahu 2 nama yang gw sebut tadi, mereka adalah pasangan gay yang mengadopsi anak perempuan kecil yang lucu dari Vietnam. Gw dan suami bisa banget berjam-jam marathon nonton Modern Family ini, karena walaupun genre nya komedi tapi banyak banget pesan yang disampaikan. Ya seperti contoh gay couple ini, dalam keterbatasan mereka dan sering kali hubungan mereka ditentang sana sini, tapi niat tulus mereka untuk mengadopsi dan membesarkan anak dari  benua lain ini sangat menyentuh. Pastinya pasangan normal akan mikir seribu kali sebelum memutuskan untuk mengadopsi, makanya gw sangat salut dengan pasangan yang memutuskan untuk mengadopsi anak orang lain.

Balik lagi ke IVF, kebetulan gw pun adalah IVF participant dan di rumah sakit ngelihat pemandangan pasangan gay dan lesbian yang ikutan program ini memang banyak banget, I m telling you ikutan IVF itu bisa jadi pilihan terberat, bukan saja biaya nya yang bisa beli Birkin, tapi  rasa sakit, emosi dan psikologis yang naik turun, ah paket lengkap lah untuk sampai segitunya kepengen punya anak.
Di lingkungan teman kita pun, ada pasangan lesbian yang kita kenal yang melakukan program ini, anak pertama dikandung oleh perempuan yang satu, dan 2 tahun kemudian pasangan perempuan lainnya pun mengandung untuk anak ke dua, jadilah mereka punya 2 anak yang kelihatan banget dicintai.
Issue pasangan sejenis untuk memiliki anak dengan melakukan apapun memang gak akan ada titik terangnya sih yah, orang yang beragama fanatik pastinya akan menentang habis-habisan, but balik lagi who are we to judge?

I am not normally into D&G (neither Elton John) jadi gak ada alasan juga untuk ikut2an #boycottDolceGabbana 🙂 Just keep calm and stop judging others!

Advertisements

49 Comments Add yours

  1. mandor says:

    Kalau memang bayi IVF adalah kebutuhan, seharusnya tidak ada anti IVF tersebut. Karena memang tujuannya adalah untuk kemanusiaan

    1. cerita4musim says:

      Exactly, tanggung jawab ya masing2 nanti dia akhirat deh yah 🙂

  2. Menurut gw kl logikanya si D&G anak IVF pasangan LGBT itu anak sintesis, sebetulnya sama aja dong dgn anak IVF pasangan non-gay. Proses semua sama kok, yang penting anak yang lahir bahagia, diurus dan dicintai kan? Why so judgemental 😦

    1. cerita4musim says:

      Dan D & G ini jg pan cong bgt pula, duh kek maling teriak maling jd nya dah yah..

      1. SazkiaGhazi says:

        Hahahaha Fe, aku ngakak baca “maling teriak maling” :))

        Semoga lancar programnya, ya =*

  3. dani says:

    Ada temen yang habis nyoba IVF dan gagal, jadi kebayang sampe keluar kampanye boikotnya. Senoga lancar ya buat dirimu proses IVFnya. Btw Birkin apaan sih? 😀

    1. cerita4musim says:

      Makasih Dan 🙂

      Hahah Birkin itu salah satu keluarannya Hermes 🙂

      1. dani says:

        Hoalaaaah. Makasiiih. Birkin. *masukin ke vocab storage

  4. evy doloks says:

    mungkin yang diserang bukan soal anak sintesisnya, tapi pasangan gay-nya fe’ 🙂 . karena mungkin menurut mereka gak lazim pasangan gay yg notabene mustahil menghasilkan keturunan karena sejenis itu memiliki anak, apapun wujudnya dan bagaiamanapun proses ” pembuatannya “. secara moral, hal itu sesuatu yang aneh memang, dg catatan untuk pasangan sejenis. tp kl untuk pasangan non-gay, mungkin sikapnya berbeda. sah-sah saja. kali yeee …

    well, sebenernya gak sampai harus segitunya sih D&G. prinsipnya, selama anak-anak itu diurus dg kasih sayang, tidak ditelantarkan, ya harusnya gak pa-pa. tp mungkin yg menjadi kekhawatiran berikutnya adalah, kecenderungan anak-anak itu mengikuti pola berpasangan orang tua mereka nantinya. krn dalam pikiran manusia normal, seharusnya kan pria berpasangan dg wanita, bukan pria dg pria atau wanita dg wanita.

    karena kalau bicara soal proses IVF, itu sih cuma soal metode aja ya menurut gue. toh ujung2xnya jg dibuahi di dalam rahim kok. which is, normal aja. cuma nunggu waktu yang pas aja untuk dimasukkin lagi 😀 . dan kl bicara soal proses, harusnya gak usah dimasalahin ya. etapi, gak tau jg deh apa yg menjadi concernya si D&G ini. cuma, berhubung di dunia ini sudah banyak pasangan sejenis dan kemungkinan akan menjadi sesuatu yang biasa saja di kalangan masyarakat luas, mau tidak mau, kita harus mulai belajar menerima ya.

    trus, bangkrut dong D&G ?! hahaha …

    1. cerita4musim says:

      Sebacanya gw sih emang yg jd concern anak IVF, lalu kemudian diperjelas IVF yang dilakukan oleh pasangan sejenis.
      Basically kalau IVF untuk pasangan sejenis itu adalah mengambil sperma dari salah satu laki itu dan kemudian eggs nya dari donor. Di sisi lain banyak jg lho pasangan yang gak sejenis yang melakukan hal itu karena alasan misalnya salah satu dari mereka mandul. Nah anak2 ini nya yang dibilang sintetis. Haiyaa ampe dijelasin hahaha

  5. Puji says:

    Aku pernah baca juga betapa beratnya perjuangan IVF, yg paling berat dari sisi psikologisnya. Tetap semangat Mba Fe

    1. cerita4musim says:

      psikologis nya jd berat krn mikir dompet nya jg Ji haha kalau gagal, there goes the money haha gak deng becanda 🙂
      Makasih lho Ji

  6. nyonyasepatu says:

    woaa….. bisa ngamuk2 dong yang ikutan IVF. Aku masih inget gimana stressnya temen aku ngikut program trus gak sukses, ini nunggu lagi buat yang kedua. Manalah di Medan mahalnya pun gak kira2 buat 1 kali program.

    1. cerita4musim says:

      Rata-rata harganya sama kok non IVF itu, beda tipis lah palingan dan bakal lebih mahal lagi kalau pasien nya punya issue kesehatan, mesti diobatin dulu dan otomatis extra fee lagi…

      1. nyonyasepatu says:

        Kalau disini kata2nya nih tergantung dokternya Feb harganya. Sekitar 70-150 juta per program. Iya sih kalau punya masalah kesehatan bakalan nambah lagi. Contohnya si kista 😰

        1. cerita4musim says:

          lebih mahal dari Jakarta ya, di jkt byk yang paket promo nya mulai 40 jutaan sama Dr Ivan yang terkenal itu, biasanya 60 juta.

          eh btw, gimana update kista kamu setelah balik dari Penang itu? any better yet?

  7. nengsyera says:

    IVF kan salah satu bentuk ikhtiar utk mendapatkan keturunan,dan mengenai jadi tidaknya IVF juga kan sudah garis takdir tuhan.
    Lagian manusia biasa ga boleh menjudge ini salah-itu salah.
    Krn yg berhak menilai kan Tuhan.
    Smoga program IVFnya berhasil ya kak 😊😘

    1. cerita4musim says:

      iya bener, asal juga paham kalau ini hanya proses, final decision ya tetep juga yang Di Atas yang memutuskan 🙂 Terimakasih neng 🙂

  8. Naajmi Wicaksono says:

    Oh jd rame2 bahas D&G di mana2 itu krn masalah ini ya, aku ga ngeh dari kemarin. Pokoknya mah menurut aku mempunyai anak dr program apapun termasuk ibadah. Anyway Mba Fe, semoga program IVF nya berhasil yaaaa. Tetep semangat ya mbaaa *hug*

    1. cerita4musim says:

      iya rame banget, entah nyari sensasi atau gimana, secara D & G itu juga pasangan sejenis, kenapa juga nyerang2 gitu 🙂
      Makasih dear doa nya 🙂

  9. jendluvu says:

    my 2 aunt did IVF too.. yg 1 berhasil, yg 1 nggak.. huu.. semoga lancar yahh.. =)

    1. cerita4musim says:

      Terima kasih Jen 🙂

  10. break a leg for IVF program nya Mba *kisses

  11. Arman says:

    wah iya kok gitu ya… IVF itu juga perjuangan lho.. . soalnya kakak ipar gua juga anaknya IVF. itu bukan IVF pertama langsung bisa dapet anak. setelah 2 kali baru berhasil.

    1. cerita4musim says:

      keknya sih dia nyerangnya ke pasangan sejenis yang IVF sih bukan pasangan normal gitu, tp tetep aja bawa2 proses IVF tuh keknya gimana gitu.

  12. Ahaaa.. Baru tau nih aku alasannya ttg D&G boycott. Hadeuuuuuh napa pula sih kudu ada statement gitu. Kalo nggak suka mending tutup mulut deh. Toh IVF itu itungannya ikhtiar deh untuk mendapatkan anak. Semangat semangat bagi ug yang lagi IVF.

    1. cerita4musim says:

      cari deh hestek nya di IG Nggi, pada banyak yang buang parfum D & G ke toilet xixixi ya aku sih gak segitunya juga krn keknya D & G nyari sensasi aja secara baru launching new collection kan tuh yang pas fashion show nya bawa2 bayi ke panggung…

  13. Beberapa minggu lalu guwe nonton acaranya Femi Oke, di The Stream, IVF juga sempet jadi hot debate di Costa Rica. Sudut pandanganya berbeda, jadi akan selalu ada pro dan kontra.

    Ada satu pesen yang guwe belajar dari teman-teman gay, bahwa anak-anak yang lahir dalam hubungan gay are always wanted. Menurutku ini penting banget karena semua anak di muka bumi ini berhak dicintai.

    Semoga IVF lu lancar ya Fe.

    1. cerita4musim says:

      biasanya emang negara yang agama nya fanatik pasti nyerang yah, D & G yang Italiano, dan Costa Rica yang katolik banget juga. tapi kl ngomongin agama dan buku suci, gak bakal abisnya, otak manusia lagian terlalu kecil untuk mengerti semua yang ditulis disitu, bener kata mu anak2 yang diharapkan kehadirannya, baik itu dari ortu sejenis atau bukan keliatan banget bedanya.

      makasih Ai 🙂

  14. -n- says:

    Skrg sdg IVF , mbak? Semoga sakses yah 🙂 sehat kandungan sampai lahiran 🙂

    1. cerita4musim says:

      udah dari tahun lalu Tyk, 1st attempt nya sukses dan sempat hamil, too bad ectopic. Awal tahun ini 2nd attempt tp no luck yet 🙂

      Thanks ya bo

  15. zilko says:

    Pernyataannya kok gitu banget ya.

    1. cerita4musim says:

      biasalah cari sensasi aja jg palingan 🙂

  16. Dila says:

    Wah, kok aneh ya D & G keluarkan statement seperti itu. Maksud aku, bukankah itu bakal berdampak buruk ke industri mereka sendiri ya? Atau mmg (sensasi) macam ini malah bisa kasih impact bagus, dunno juga yah mbak. Anyway.. semoga sukses ya mbak Fe IVF nya.. semangaaatt!! Lots of ♥

    1. cerita4musim says:

      Lebih aneh lagi karena statement tersebut datang dari mereka yg adalah pasangan sejenis pula, sounds so weird aja gitu lho 🙂

      Terima kasih Dil 🙂

  17. novimanik says:

    Sukses ya mbak buat IVF’nya……
    temen kerjaku dulu nyoba juga sampe dibelain tiap weekend ke rumah sakit di sby dari jogja, tapi bad luck blom rejeki, sekarang mau nyoba lagi katanya males capek perjalanannya

    1. cerita4musim says:

      Iya kebayang emang untuk pasien yang harus treatment IVF tapi di luar kota bahkan di luar negeri, kebayang perjalanannya udah stress duluan….Makasih Nov 🙂

  18. citramanica says:

    Kali maksud mereka yang “gak alami” itu kalo pasangan gay punya anak, bukan IVF-nya… Kali lho ya, kan mereka juga gay, lebih tau soal kehidupan keluarga gay dibanding kita yang hetero… Btw good luck buat program IVF-nya ya…

  19. Stephanie W. says:

    Every child is worth loving. Simple as that.

    Good luck with your IVF. 🙂

    1. cerita4musim says:

      Exactly ! Thank a lot Steph 🙂

  20. Itu IVF emang dibolehin mbak ._. ? Aaaaah, masih belum berwawasan luas buat ngerti beginian ._. aku masiiiih unyuuu, tapi mau ngerti 😀

    1. cerita4musim says:

      IVF udah ada dari tahun 1978 sih, masuk ke Indonesia nya yang akhir thn 80an 🙂

      1. dan baru masuk di otakku tahun 2015 mbak :p aku baru tau beneran ini 😀

  21. Pypy says:

    Iya ya, siapa kita ikut menghakimi orang lain dgn keputusannya. Toh tanggung jawab masing2 in ya kan 🙂 Semangat yah Fe untuk IVF nya. Tau banget gw gimana prosesnya, dulu jadi teman curhat si boss abis dia dapat tindakan ini itu. Sayang beliau juga belum beruntung 😦

    1. cerita4musim says:

      Anak yang punya orang tua normal yaitu pria dan wanita, belum tentu juga tuh anak dicintai seutuhnya seperti oleh mereka yang adalah pasangan sejenis, ya gak sih? 🙂

  22. Erika Fitri says:

    Suka deh ama comment nya mbak ” tanggung jawab ya masing2 nanti dia akhirat “…. singkat, padat and ademmmm..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s