Kontroversi Film The Interview & Korea Utara

Sebenarnya bukan genre favorit saya sih, tapi karena film The Interview ini kontroversial sekali jadi pas saya lihat di movie library sudah masuk, lgs saya klik purchase. ( tenang, bukan spoiler ) Film ini ngebahas mengenai upaya pembunuhan diktator kejam Korea Utara Kim Jong Un, pokoknya di film ini si Kim di bully abis2an deh, dan di akhir film pun diceritakan dia tewas.
Sepertinya Kim nya tersinggung berat dan terjadilah cyber war, website Sony sempat dihack, Obama dikatain monyet negeri tropis, ancur banget ya. Akhirnya Sony pun menarik peredaran film ini yang membuat Obama sebel, menurut dia kenapa juga mesti diberhentiin segala. Ternyata Sony punya ide yang lebih jenius, film ini justru bebas di download secara online dan gratis.

Pembelot2 Korea Utara yang sekarang berada di Korea Selatan punya proyek untuk mengirim video tersebut dalam bentuk USB dan 100.000 DVD ke Korea Utara dengan menggunakan balon udara. Target mereka adalah untuk mengedukasi rakyat Korea Utara  dan berharap kediktatoran yang ada di Korut akan berakhir.

Walaupun genre film ini adalah komedi tapi memang banyak fakta yang terjadi, kebetulan saya seneng banget nonton dokumenter tentang traveling ke Korea Utara, jadi ngerti perbedaannya apakah film ini dibuat-buat atau memang kondisi di Korea Utara seperti itu.
Rakyat Kor-Ut tuh kayak sudah di brain wash dan mesti nyembah presiden nya mereka ini seakan-akan dirinya Tuhan. Dimana-mana terdapat patung dalam ukuran besar si Kim Jong Un dan Kim Jong Il bapaknya, dan tahu gak sih semua orang yang lewatin patungnya mesti nyembah2 patung itu dan membawa bunga sebagai bentuk penyembahan mereka.

aUrsSsr

Yang lebih parah lagi saking sudah dicuci otak, rakyatnya selalu berbohong mengenai keadaan mereka yang sebenarnya karena kalau salah bicara, lgs executed. Ya boro-boro rakyat yang dipikirin ya, wong keluarga sendiri nya saja sudah banyak yang di executed, paman nya sudah, orang parlemen yang ketauan tidur juga lgs dibunuh, beberapa menteri nya juga. Brutal banget.

Di TV lokal sini ada acara traveling yang ngebahas destinasi yang jarang didatangi wisatawan di dunia, nah salah satu episode nya ngebahas mengenai Korea Utara. Siapapun yang mau ke Kor-Ut sih bisa saja ya, Kor-Ut welcome sama turis tapi harus selalu kemana-mana sama tour guide, keluar  hotel pun gak boleh sendirian , di kamar hotel juga ada voice recorder, lupakan privacy kalau ada disana nampaknya ( fakta ini sama seperti negara Turkmenistan ) .
Presenter acara ini selalu mancing-mancing supaya tour guide cerita mengenai keadaaan Korea Utara yang sebenarnya, tp keknya mereka pro banget yang selalu menepis pertanyaan. Dan sudah tentu si tour guide ini ngajak keliling ke bagian area Kor-Ut yang tidak terlihat miskin, pokoknya fake abis.
Kalau kamu tertarik lihat video-video dokumenter seperti ini, cari di youtube saja dengan hint : undercover to North Korea. Ya buat tambah2 ilmu dan fakta, saya pastikan kamu bakalan grateful banget dilahirkan sebagai rakyat Indonesia 🙂

o ya ada video jg yang seru banget ditonton, mengenai presenter TV Korea Utara yang harus nangis saat membacakan berita mengenai kematian president Kim Jong Il.
Si presenter wajib nangis, kalau tidak maka siap diesksekusi.
Kita yang nonton antara mau sedih juga atau malah pengen ngakak. Oh world !

video nya bisa dilihat disini :  https://www.youtube.com/watch?gl=BE&v=9M7egqcX90I
dan https://www.youtube.com/watch?v=kOquEimPp60

 

Advertisements

23 thoughts on “Kontroversi Film The Interview & Korea Utara

  1. Aku miris pas bagian anak kecil yg gemuk dan di belakangnya ada supermaketnya ternya cuma gambar untuk menunjukan kalau rakyatnya makmur.
    btw dulu ku kira The Interview film berat ternyata komedi.

  2. Serem kali ya travel ke korut… Kalo tau tau disandera gimana. Hahaha.

    Jd film nya bagus juga gak? Sempet pengen nonton tp takut bohong. Hehe.

    Gara gara Sony di hacked kantor gw juga jadi porno abis sekarang. Hahaha

  3. Hahaha, jadi inget pernah baca blog orang yg travelling ke Korut. Dan katanya memang gitu banget, harus ikut tur-tur yang disediakan dan ditunjukin bagian-bagian yang bagus-bagusnya. Kalau nanya dikit tentang hal-hal lain, tour guide-nya bakal mengalihkan pembicaraan, hehehe. Katanya sih 😛

    Btw buset ada voice recorder segala di kamar…

    • please do Ai, pengen tahu kuliner Kor-Ut kek bagaimana, palingan sama kek Kor-Sel ya , terdengar lebih eksotis aja…

      Kor-Ut yang gw lihat di dokumenter2 video gitu lumayan modern kok mereka, khususnya yg tinggal di PyongYang yah, perpustakaan nasional nya aja bagus, rapi dan mesin pencari bukunya jg pakai komputer. Target pengiriman usb dan video pasti untuk anak2 kuliahan ya mungkin..

  4. eh aku pernah loh ke perbatasannya korsel dan korut, ikutan tournya gitu, serem banget deg2an karena suasananya bener2 militer banget. Jadi gw secara defacto udah menginjakkan kaki tuh di tanah korea utara, hahaa…oiya disana jg ada screening cerita yang menceritakan kodnisi dan sejarah korea serta ttg korea utara (dijelek2kan tentunya sama korsel) terus semacam museum tentang suasana rumah di korut, en ada juga cerita dari pembelot korut. Amazing experience banget, gw agak obses dgn cerita ttf korut behind the scene memang, sama obsesnya dgn cerita ttg holocaust #geekbanget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s