Indonesia Di Luar Negeri

Masih 1 jam lagi sebelum 17 Agustus-an tahun ini selesai, mau cerita ah beberapa kenangan yang masih saya ingat yang ada hubungannya dengan Indonesia di luar negeri.  Bukan, bukan mengenai berita pesawat jatuh atau aksi teroris tapi hal-hal yang membuat bangga.

# Jadi saya pernah nemu restoran dengan menu gado-gado di kota Montezuma, Costa Rica di Amerika Latin sana. Kebayang dong betapa surprise nya saya ngelihat menu yang jadi makanan sehari-hari orang Indonesia dijual di restoran di kota antah berantah yang jaraknya lebih dari 10 ribu kilometer dari Jakarta ini. Udah gitu ya di buku menu nya dijelasin kalau gado-gado itu salad tradisional khas Indonesia dengan saus bumbu kacang.
Sudah pasti saya order dong, kan penasaran juga, dan ternyata rasanya not bad at all, bukan karena saya lapar tapi karena bentuknya memang meyakinkan walaupun gak ada tempe atau kangkung nya tapi paling gak saus kacangnya enak:)

DSC_1352

Jauh-jauh ke Costa Rica dan makan gado-gado 🙂

# Foto-foto anak SD di Bali di Rumah Sakit Brussels
Iya di rumah sakit di UZ Brussels di bagian lantai untuk kandungan dan perawatan anak, interior nya dipenuhi dengan frame gallery yang isinya foto-foto anak-anak SD di Bali, ada foto tukang jualan yang biasa mangkal di sekolahan juga, lucu banget.

# Sayang Wine
Kalau yang ini saya nemu di kota saya sih, jadi ada perusahaan import export wine yang nama perusahaannya Sayang Winery, suami saya kan orang nya paling pengen tahu banget ya, jadi pas dia shopping wine disitu dia nanya dong apa hubungannya dengan Indonesia, karena sayang artinya sweetheart kalau dalam bahasa Indonesia. Ownernya keknya yang malu gitu karena kok ada aja nih bule yang ngerti artinya Sayang, sambil mesem-mesem dia bilang : suka aja kok dengan kata sayang , terdengar eksotis…yaelahhh kirain aja bininya orang Indonesia gitu :))

#Sudirman Straat dan Batavia Straat
Kalau di Belanda banyak lah ya nama jalan yang diambil dari nama pahlawan Indonesia atau kota di Indonesia, nah kalau di Belgia ada nama jalan yang ada hubungannya dengan Indonesia agak bikin surprise juga sih karena Belgia kan gak ada hubungan secara langsung dengan Indonesia. Udah gitu ya nama jalan Sudirman Straat dan Batavia Straat ini ada di pusat kota tua which is an important area of the city.

#Suatu hari saya pernah transit di Newark Airport, USA terus ternyata di bandara itu lagi ada pameran foto-foto surfing, lengkap deh ada ada foto Kelly Slater segala karena saya cuman tahu nya Kelly Slater doang :)) Tahu gak sih rata-rata foto surfing itu ambilnya dimana selain di Hawaii? Di Indonesia dong, ihh banget  banget ngeliatnya, banyak yang di Sumatera dan di Bali.

# Hal terakhir mengenai Indonesia yang baru saja saya temukan adalah adanya band kontemporer yang menggunakan instrumen dasar gamelan Bali, nama band nya Gamelan Voices, dan summer ini mereka banyak ngisi di panggung-panggung summer festival disini.

Screen Shot 2015-08-17 at 23.00.49

Hal tersebut yang saya sebutkan di atas bisa aja sih buat orang Indonesia biasa aja, tapi percaya deh kalau kita menyaksikannya beribu-ribu kilometer dari tanah air dan yang dipamerkan itu adalah kebaikkan, sudah pasti ikutan bangga sekali. Kalau gak bangga, mungkin something wrong with you 🙂

Selamat hari kemerdekaan untuk tanah air Indonesia yang ke 70, walaupun masih banyak wargamu yang mencaci maki dirimu, ingatlah masih  banyak yang mencintai dan tetap semangat menjadikan dirimu sebagai bangsa yang makin jaya di dunia!

Advertisements

51 thoughts on “Indonesia Di Luar Negeri

  1. Arman

    taunya kelly slater doang karena nonton baywatch pasti ya… huahahaha.
    iya, kalo orang2 bule suka gak tau indonesia, tapi kalo ngomongnya ama surfers pasti mereka tau dah indonesia. 🙂

    lucu ya ada nama jalan sudirman segala…

    btw gado2nya kurang kerupuk tuh. hahaha.

    Reply
  2. evy

    waduh, beda bener tuh gado2x sm di sini ya ?! wkwkwkwk … gak kenyang gue makan cuma isi sayur, wortel doang. kudu bawa tempe sm tahu plus telor bulet kl makan di sono. cuma sampe leher doang tuh gado2x begitu. belom sampe perut fe’. hahaha

    Reply
  3. astridtumewu

    kadang ketika kita ada di luar negeri, kita bisa lebih nasionalis yaa Mba hehe. pas aku aupair dl dan ketemu temen2 sesama aupair dari belahan dunia mana aja dan mereka nanya aku dr mana, pasti aku antusias banget jelasin indonesia hehe..

    Reply
  4. denaldd

    Seruu Fe cerita2nya. Apalagi yang bagian wine :))) bener ya ternyata, kalau jauh kangen2an, deket Indonesia sumpek sama polusi dan macetnya 🙂 disekolah, aku satu2nya yang dari Indonesia. Banggaaa banget kalau disuruh presentasi tentang Indonesia. Sekalian promosi 🙂

    Reply
  5. nengwie

    Setelah jauh berasa sekali nasionalisme kita jd semakin tinggi ya mbak Fee… Kalau ada yg nyinyir dikit, rasanya pengen nampar hahaha

    Baik buruknya Indonesia, teteeep cinta berat deh… 😃

    Reply
  6. bawangijo

    Gado-gado makanan kesukaanku. Mg kmrn di kapal ada menu gado2, aku langsung ngasih tau bule2, “Ini loh salad versi Indonesia! Lo suka gak?”

    Jalan2 ke Indonesia Tengah/Timur justru lebih banyak ketemu wisatawan asing, wisatawan lokalnya ke mana!? Mereka niat banget dateng jauh2 dari belahan bumi lain buat jelajahin Indonesia, seneng deh

    Reply
  7. yayangneville

    Wah bener banget, pasti klo denger yg ada hubungan nya dengan Indonesia jangankan kita yg langsung pasang kuping, pasangan pun begitu langsung tertarik.
    Seneng bacanya 👍, Thanks Feb

    Reply
  8. Dila

    Aku yang orang Indonesia dan tinggal disini juga aja baca ini ser2an bangga gitu mbak Fe! Idih benerannnnn, aku tau ada lagu band indie (inggris atau mana ya aku lupa), judulnya “nasi goreng” aku langsung donlot penasaran hahahahahaaha 😛

    Reply
    1. cerita4musim Post author

      rata2 yang aku tulis itu yg promosiin malah orang negara lain ya bo, giliran orang kita yg bikin sampahnya :)) **abis baca tulisan Wira, jd nyesek sendiri….ampe kapan penyakit tukang buang sampah sembarangan bisa hilang…

      Reply
  9. zilko

    Iya kalo di Belanda mah banyak banget jejak Indonesianya. Bahkan ada pula Kartinistraat gitu kalo ga salah, hehe. Di Delft aja ada Museum Nusantara

    Reply
  10. Pingback: Indonesian Instrument – Gamelan – in the UK | Indonesia in my pocket

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s