Ide Dibalik Acara

Gw tuh suka terpesona dengan ide di balik event-event yang diadain disini, bukan cuman event aja sih, kadang acara TV pun suka bikin gw mikir gila dapet aja ide kayak begini, maklumlah selama di Indonesia kan acara TV rata-rata sama aja, satu stasiun sukses dengan ajang lomba mencari bakat, TV stasiun lainnya ikutan! Begitu aja terus…Beruntunglah yang mampu bayar tv cable karena berarti pilihan hiburan nya pun makin beragam.

Nah kalau disini acara di TV lokal nya justru kadang yg bikin melongok karena ya itu tadi, eh buset kepikiran aja sama idenya. Misalnya nih ya ada acara tentang para pekerja di Belgia yang dikirimkan ke negara lain dalam rangka benchmarking, jenis pekerjaannya macam-macam, ada yang kerja di pemadam kebakaran terus dikirim ke India dan ikut ngebantuin saat di India ada kebakaran, terus ada lagi dokter-dokter muda yang dikirim ke Kongo dan ikutan ngerawat pasien disana dengan segala keterbatasannya.

Nah kegiatan selama mereka disana ditayangin jadi reality show, inti moral story nya adalah di bawah kita masih banyak yang gak beruntung dan masih sangat primitif. Boro-boro di Kongo ada asuransi kan, wong wastafel dan kran nya udah pada karatan coba.
Terus petugas kebakaran di India itu yang pada males-males banget, sampai yang nonton ikutan gemes, mungkin untuk mereka nyawa manusia gak ada harganya kali ya, yang ada para petugas pemadam kebakaran dari Belgia yang pada stress ngikutin ritme kerja mereka, sampe akhirnya malah mereka yang berinisiatif saat ada kebakaran.

Mereka gak hanya ke negara-negara miskin aja kok, kadang mereka benchmarking juga ke negara Eropa lainnya, misalnya petugas kebun binatang yang dikirim ke Spanyol, terus setelah acara nya selesai, petugas kebun binatang dari Spanyol dengan mudahnya ngasih hadiah, tahu gak hadiahnya apa? Harimau dan gajah aja coba ! Ya ampun itu kalau kita beli bakalan mesti bayar berapa kan untuk binatang-binatang itu.
Sebenarnya mereka mau mendeskripsikan ketulusan orang Spanyol tuh seperti itu, mereka berhati hangat dan bakalan jadi sayang banget kalau sudah dekat. Pas episode ini gw mikirnya…duh, untung mereka gak dikirim ke kebon binatang Surabaya dan ngelihat harimau yang tinggal kulit doang disana.

Ide di balik live event yang sering diadain juga ya begitu juga, kadang gw mikir ih keren banget ya ampun, misalnya gini pas summer kemarin kan banyak banget ya summer festival disini, nah salah satunya adalah acara Pukkelpop, terus terang ini bukan acara gw lagi karena udah ketuaan ha ha ha ha eh beneran acara ini bener-bener anak-anak ABG semua, mereka nginep di camping gitu 3 hari 3 malam, pagi siang molor – malam nya party ! Dan ini camping beneran lho ya, jadi mereka udah nenteng-nenteng backpack isi tenda dan perlengkapannya, bukan kayak camping mewah di Tanakita Sukabumi sana yg tenda nya udah siap dipakai :))
Para festival-goers ini biasanya pada naik kereta atau bis menuju venue, karena seperti biasa acara konser atau summer festival disini, di tiketnya sudah termasuk transportasi gratis.
Untuk membuat para peserta ini pada happy, organizer acara Pukkelpop bekerjasama dengan perusahaan kereta api disini membuat train party, jadinya satu kereta yang isinya anak-anak muda ini dipasang speaker lengkap dengan musik kencang nya dan bartender (no alcohol), walah seru banget kan ya, pre party deh mereka semuanya 🙂

Terus ada juga disini pernah ada acara lari marathon yang lokasi nya ngelewatin stasiun pagi-pagi buta, kebetulan stasiun kota disini gedeeeee bangeth dan banyak tangga-tangga nya, jadilah stasiun kereta dijadiin rute lari marathon nya juga 🙂

Kereta sudah, stasiun kereta sudah, nah metro gak mau ketinggalan, baru-baru ini salah satu pianis kenamaan Frank Braley bikin recital kecil di dalam metro, nah bayangin aja deh gimana rasanya mau ke kantor naik metro terus tau-tau ada konser disitu 🙂 keknya kalau kejadian di gw, gw rela deh duduk di metro 2 trayek :))

 Screen Shot 2015-09-13 at 15.51.58

Advertisements

34 thoughts on “Ide Dibalik Acara

  1. Aku langsung ngebayangin mau kepasar naik kereta tiba2 ada pianis terkenal disitu. Kayaknya bablas lupa tujuan kepasar haha. Aku juga suka takjub sama orang2 yang bekerja di Industri Kreatif. Katakanlah iklan. Suka adaaa aja idenya mereka bikin sesuatu yang baru dan unik supaya iklannya jadi Top Of Mind.

  2. Iihh pianisnya ganteng :). saya juga gemes kalo di sini stasiun tv sukses bikin acara joged lainnya ikutan deh joged. Sabtu-minggu betah nongkrongin TV cable yg chanelnya lebih variatif

  3. Waktu itu di BBC Knowledge pernah ada lo mba acara tuker job. Jadi seorang petugas sampah dari London tinggal sama petugas sampah di Jakarta. Si London sampe sering banget nangis saking ngeliat susahnya hidup petugas yang notabene kerjanya sama dengan dia tapi idup di pinggir rel, tidur pake tiker dan udah pasti dia bingung cara mandi dan pake toilet

  4. Wahhhh kerennn.. Niat jg yah bawa piano ke metro hihihi.. Klo disini ada, gw jg demen tuh bolak balik *terus telat ngantor* hahahaha

  5. Iyaaaah gara-gara acara TV di Indonesah gak mutu akhirnya di rumah pasang TV cable..trus gw seneng banget nonton acara2 di nat geo segala, idenya ada2 aja! Jadi bikin kita smkn kreatif juga ya gak seee?!

  6. Saya angkat dua jempol buat tim kreatifnya yang pastinya mau bersusah-susah untuk mencari ide yang baru dan bukan ide nyaman meniru stasiun televisi lain supaya pasti berhasil dan tidak gagal. Menurut saya sih di sini kreativitas agak kurang karena masih terikat banget dengan pemilik modal yang kurang mau mengambil risiko (padahal high risk, high return kan ya), mereka mungkin berpikir kalau investasi di sebuah ide baru tanpa ada pionir sebelumnya potensi gagalnya akan tinggi, padahal sebenarnya tidak selalu demikian, kan. Jadilah ide-ide yang muncul pun cuma ide aman dengan permakan seperlunya supaya asal beda saja :hehe :peace.

  7. Asliii itu yang Pukkelpop, party non-stop ya sampe ada pre-party nya segala di kereta.. seruuu (kalau masih mudaan dikit) kalo sekarang bawaannya cape duluan ngebayangin pasti rusuh heuheuehue

  8. Pernah liat acara yg dua orang dikirim dan mereka baru tahu tujuan kemana dikirim saat di Airport, dan ternyata dikirim ke Jakarta, jadi pemulung di gunungan sampah…. Trenyuh liatnya dan mereka harus bisa hidup dari upah ngumpulin sampah gitu sama seperti orang lokal lainnya

  9. Woww.. Iya sihh.. Reality show indo emang gt2 ajaa. Paling males yg di scenario-in gt mbaa.. Acting bngt kadangg. Hahaha. Tp di singapore juga ada tuh yg kyk gt. musician masuk train dan hibur commuters. Bukan show sih, walopun akhirnya masuk cnn.. Ahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s