There is Something about Soekarno

There is something about Soekarno during our coming home trip last time, hah apaan maksudnya? Iya kemanapun kita pergi dan itinerary yang telah gw siapkan ujung-ujungnya adalah mengenai Soekarno.

Jadi gini ceritanya, gw berangkat ke Jakarta dari Amsterdam dengan Garuda Indonesia yang direct flight itu, iya ini niat banget booking tiket yang ini, gw udah ga tahan pengen makan rendang ha ha ha eh gak deng, penasaran aja gimana rasanya duduk di pesawat selama 13 jam nonstop tanpa transit dimana-mana, yang ternyata emang enak banget lho, proses transit itu menurut gw malah bikin capek, udah gitu di pesawat ini ada wifi nya meskipun bayar, yang ada makin gak berasa lagi, coba bayangin gw lagi di kawasan udara Iran terus skype an sama abang gw di LA, seru banget kan 🙂 Sementara suami gw sukses ngorok di sebelah sepanjang perjalanan :p
Selama di pesawat itu gw sengaja nonton film-film Indonesia, waktu itu ada film HOS Cokroaminoto dan Soekarno juga, gw penasaran sih sama film Soekarno ini dan ternyata gw suka dengan film Soekarno ini no matter mungkin banyak juga review orang yang gak suka dengan film ini yang kesannya membersihkan nama Soekarno, well that s up to you! Kisruh film Soekarno ini kan memang sudah lama terdengar jauh sebelum film ini tayang di bioskop, tapi sesungguhnya film ini layak ditonton oleh generasi alay biar mereka tahu siapa pendahulu-pendahulu bangsa kita.

Dari film Soekarno yang gw tonton di pesawat ke Jakarta, dilanjutkan dengan hotel yang kita inapi sesampainya di Jakarta, yup The Hermitage Hotel yang ada di Menteng Jakarta Pusat itu lagi-lagi ada hubungannya dengan Bung Karno, bangunan hotel ini disebut-sebut dulunya sempat dimiliki Soekarno sampai akhirnya generasi demi generasi dan bangunan ini dijadikan Universitas Bung Karno sebelumnya akhirnya UBK pindah ke bangunannya sendiri tidak jauh dari situ. Dibiarkan beberapa tahun kosong dan terbengkalai sampai akhirnya The Hermitage Hotel hadir menjadi satu-satunya hotel di Jakarta yang tergabung dalam The Leading Hotel of The World.

The Hermitage Hotel Jakarta – Luxury At Its Finest

Selesai urusan The Hermitage Hotel, there is something about Mary, eh Soekarno, tidak berhenti sampai disini. Perjalanan kita ke Malang dan menginap di Tugu Hotel Malang juga membangkitkan kenangan akan Soekarno. Salah satu dining area di Tugu Hotel Malang juga mendedikasikan hidup Soekarno disana.

Dari Malang menuju Blitar dan ya semaking everything about Soekarno lah ya namanya juga kota Soekarno dibesarkan. Beneran deh gw gak pernah lihat kota sefanatik ini akan pemimpinnya seperti yang gw lihat dan rasakan di Blitar, poster Soekarno ada dimana-mana, ya di ruang tamu rumah orang, di belakang kaca mobil angkot, literally dimana-mana.
Menginap di Tugu Hotel Blitar pun sang pemilik kembali mendedikasikan satu kamar miliknya khusus untuk Soekarno yang adalah panutannya. Kamar itu diberi nama “Sang Fajar”, layaknya tema Tugu Hotel, kamar Sang Fajar pun tidak pelaknya seperti museum yang sangat ramah, siapa saja boleh diperkenankan masuk jika kebetulan kamar tersebut kosong.

Meja kerja di ruang Sang Fajar – Tugu Hotel Blitar

Tidak lengkap berada di Blitar tanpa mengunjungi rumah orang tua Soekarno (Istana Gebang) yang menjadi rumah dimana Soekarno menghabiskan masa remajanya. Ada pemandu wisata yang menceritakan panjang lebar mengenai rumah ini, sayangnya beliau menjelaskan sesuai template, pertanyaan gw secara details mengenai Soekarno menjadi seperti gagal dipahaminya, sayang sekali.

Ruang Tamu di Istana Gebang, Rumah Dimana Bung Karno menghabiskan masa remajanya

Makam Bung Karno di Blitar

Makam Soekarno dan perpustakaan yang ada di area makam menjadi pemberhentian gw yang terakhir di Blitar. Mengingat gonjang ganjing pemerintahan dan dewan perwakilan rakyat di Indonesia ditambah berita korupsi para petinggi negara tentunya membuat gw makin eneg sama mereka mengingat para pendahulu bangsa kita yang sekuat diri membentuk Indonesia, duh mulai deh sisi nasionalis gw bergejolak :)) But really, seandainya saja gw punya waktu lebih banyak, gak nyangka kota-kota di Jawa Timur ini bisa ngangenin juga.

Kira-kira gw mesti kemana lagi ya kalau mau napak tilas mengenai kehidupan Soekarno ?

Advertisements

36 thoughts on “There is Something about Soekarno

  1. Barusan eike ngobrolin Pak Karno juga Fe, tapi tentang isi dompet, hihi.
    Tempat yg berhubungan dg Pak Karno lainnya Wisma Yaso, tapi itu tempat sedih, kamar terakhir beliau sebelum meninggal. Pun dsana gak ditonjolkan sejarah Wisma Yaso itu sendiri.

  2. di Bandung ada penjara Banceuy tempat beliau dulu pernah diasingkan Mbak Fe, lalu ada museum Inggit Ganarsih, salah satu istri Soerkarno.

  3. Aku dulu pernah dikado buku Inggit Ganarsih, salah satu istri yang paling disayang Pak Karno. Didalamnya isi surat2 Pak Karno. Romantis banget ya Beliau.
    Btw, rumah tempat tinggal sewaktu Beliau diculik di Rengasdengklok katanya jadi tempat bersejarah. Jawa Timur memang ngangenin Fe *orang Jatim bangga dibilang gini hehe.

    • Dan Ibu Inggit itu sepertinya salah satu istri beliau yang profile nya aku suka, lumayan kasihan ya dia saat akhirnya minta dicerai saja karena Soekarno mau nikah lagi sama Fatmawati, disitu aku respek 🙂

      Seriusan Den, aku gak nyangka Jawa TImur bisa menyenangkan juga, asal kabur dari hebohnya Surabaya kali ya? :))

  4. Jadi Soekarno trip ya judulnya.
    Menurut aku, Soekarno itu salah satu presiden kita yang paling cakep deh. Boleh nanti di coba ke Rengasdengklok liat rumah tempat tinggal Soekarno ketika di culik sambil kuliner serabi Dengklok 🙂

    • Yang di Ende ya Non tempat pengasingannya Soekarno, duh sayang banget aku di Ende cuman ngelewatin doang , abis kita di bully di terminal jadi bete berlama2 disitu pdhal kotanya cantik pisan…

  5. Ende dan Rengasdengklok yang paling berasa aura soekarno. Sudah nonton filmnya dan jadi ngerti betapa berkarismanya Presiden kita yang satu ini. Keren kalau mbak fe menyemoatkan diri tour khusus mengenai soekarno.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s