Pelaku Perkawinan Campuran Tanpa Prenup Sekarang Sudah Bisa Memiliki Properti

183_yvan_fabiola_ad_164

Tahun lalu saya sempat menulis di blog mengenai penting atau tidaknya membuat prenup sebelum menikah, khususnya jika menikah dengan pasangan WNA. Di postingan tersebut saya sudah sedikit menjelaskan juga kalau perwakilan dari komunitas Perkawinan Campur ( perca ) sedang berupaya mengajukan kepada Mahkamah Konstitusi RI perihal kepemilikan tanah dan bangunan bagi WNI pelaku perkawinan campuran yang tidak memiliki perjanjian perkawinan ( prenup ), kasusnya saya banget lah ini karena menikah tanpa membuat prenup, yang akhirnya memberatkan pihak saya sebagai WNI yang tidak memiliki kekuatan hukum jika ingin membeli properti di Indonesia.

Setahun telah berlalu dan akhirnya bulan Oktober lalu, Mahkamah Agung akhirnya mengabulkan sebagian permohonan tersebut, yaitu garis besarnya seluruh WNI pelaku kawin campur yang tidak memiliki prenup, mulai sekarang DAPAT MEMBUAT perjanjian perkawinan SETELAH dan SELAMA perkawinan berlangsung untuk mengatur pemisahan harta dengan pasangannya sesuai dengan kesepakatan bersama.

Dan artinya bagi teman2 mixed couple yang belum membuat prenup tetap dapat membeli dan memiliki properti hak milik di Indonesia. Segera urus saja postup nya melalui notaris.
Sebenarnya ide postnup ini sudah sering saya dengar juga tapi notaris di Jakarta masih menggetok harga yang lumayan mahal. Semoga setelah sosialisasi dilakukan ke semua notaris dan pengadilan, maka harganya juga dibuat lebih merakyat.

Untuk yang masih ingin mengetahui informasi lebih detail perihal ini, bisa gabung saja ke FB Group Komunitas Kawin Campur ya !

Source

Advertisements

7 Comments Add yours

  1. mysukmana says:

    Udah bs bernafas lega ya bu skg..alhamdulillah.

  2. gegelin2 says:

    Sebenernya kegunaan prenup (selain pemisahan harta gono-gini waktu bercerai) adl sbg hak kepemilikan properti kan kak, krn kita masih WNI walopun nikah sama bule?
    Jadi inget waktu itu kak Febby dipersulit di bank pas mau ngurus apaaa gt gara2 nikah sama WNA pdhl KTP masih aktif

  3. Makasih banyak infonya ya Mba… Temanku ada juga yang sewaktu menikah dengan WNA ga tau tentang Prenup. Berarti sekarang mereka sudah bisa buat.
    Btw, aku kemarin sempet liat video dirimu di Net.. Hehe..

  4. Dila says:

    Aku gak mengalami ini, tp suka ngikutin topiknyaaa..

  5. rahmabalcı says:

    iya harga notarisnya ini masih simpang siur…someday pengen bikin rumah di tanah ortu, drpada tuh tanah di jual, beliau pengen saya sm suami punya property di kampung…nabung dulu:)

  6. Menunggu kewarganegaraan ganda aja.

  7. NiQ says:

    hi, punya referensi notaris yang biasa urus prenup perkawinan campur sepert ini kah? Aku sudah tanya beberapa notaris masih banyak belum terima.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s