Ini Dia 5 Tempat Wisata Bersejarah di Jogja yang Wajib Dikunjungi!

Tiap hari ini aja ada deh foto-foto yang ditagged sama keluarga gw di sosmed, secara ya lagi musim liburan kan ya, ponakkan gw yang di Ameriki lagi mudik ke Indonesia dan yang di Indonesia lagi pada holy trip, rasanya jadi ikutan liburan juga.

Di antara foto-foto liburan itu yang bikin gw excited adalah perjalanan ponakkan gw ini yang setelah ampir satu dekade akhirnya pulang juga ke Indonesia, kali ini dia udah jadi orang kantoran, mature, gaul dan yang bikin seru adalah karena destinasi yang dia tuju di Indonesia tuh bikin gw nostalgia, selain ke Jakarta dia juga jalan-jalan ke Kepulauan Kei, Maluku yang adalah salah satu destinasi honeymoon gw dulu kala dan dia juga ke Jogjakarta karena Jogja ya keknya selalu ngangenin kan ya!

Jadilah sebelum keberangkatannya ke Indonesia itu, gw ikutan semangat ngaturin itinerary dia selama di Indonesia, maklum lah liburan cuman 2 minggu keknya wajib banget diatur sebaik mungkin supaya maksimal.

( Trus scroll ke bawah deh karena gw punya kode diskon pemesanan penginapan selama di Jogja )

Untuk itinerary di Yogyakarta gw mau share disini juga nih, siapa tahu ada yang mau ke Yogyakarta juga dan nyari tempat wisata di Jogja, kali ini tempat wisatanya yang ada hubungannya sama sejarah bangsa kita ya, karena kan Yogyakarta pernah menjadi ibukota Republik Indonesia dari tahun 1946 – 1949, otomatis lah ya nilai sejarah di kota ini sangat penting, dan untuk yang bawa anak bakalan jadi trip yang penuh edukasi!

1. Museum Batik dan Sulaman Yogyakarta
Berwisata ke museum? Siapa takut! Di Jogja ada salah satu museum yang wajib dikunjungi, yakni Museum Batik dan Sulaman Yogyakarta. Berlokasi di Jalan Dr. Sutomo Yogyakarta, Museum ini merupakan merupakan museum batik pertama di Kota Bakpia dan menyimpan sekitar 1.259 koleksi yang terdiri dari kain batik, peralatan membatik seperti canting cat, canting tulis, bahan warna tradisional, parafin, dan malam batik.

Hotel Yogyakarta Airyrooms

2. Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg adalah salah satu wisata sejarah yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Benteng ini adalah museum perjuangan nasional Indonesia dan menjadi salah satu destinasi wisata edukasi, baik mengenai kebudayaan, seni, hingga ilmu pengetahuan sejarah. Bagi yang tertarik untuk mengunjungi benteng ini, lokasinya tidak jauh dari Keraton Kesultanan Yogyakarta yaitu di Jalan Ahmad Yani.

3. Museum Perjuangan Yogyakarta
Museum Perjuangan Yogyakarta dibangun untuk mengenang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Museum yang bisa bertempat di Jalan Kolonel Sugiyono No. 24 ini, resmi didirikan pada tanggal 17 Agustus 1959.
Bangunan museum ini terbilang artistik. Bagian atasnya mengaplikasikan gaya arsitektur kekaisaran Romawi Kuno, sementara bagian bawahnya mengadaptasi gaya Candi Mataram Hindu.

4. Monumen Serangan Umum 1 Maret
Berada tidak jauh dari Benteng Vredeburg, Anda akan menemukan sebuah monumen yang dikenal dengan nama Monumen Serangan Umum 1 Maret. Lokasinya berada tepat di seberang Kantor Pos Besar Yogyakarta.
Tujuan dibangunnya monumen ini adalah untuk memperingati serangan umum 1 Maret 1949 yang dikepalai oleh Letnan Kolonel Soeharto. Pada saat itu Indonesia dianggap kalah sehingga berusaha untuk melakukan perlawanan dengan melakukan serangan.

5. Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali atau biasa disebut Monjali adalah salah satu bangunan bersejarah yang ada di kota Yogyakarta. Monumen ini dibangun sebagai bukti bahwa TNI berhasil merebut kembali kota Jogja atas penjajahan yang dilakukan oleh Koloni Belanda. Monumen ini dibangun pada 29 Juni 1989 dan peletakan batu pertama dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII.

Itulah lima tempat wisata bersejarah yang harus didatangi saat berkunjung ke kota Jogja.

Pemesanan hotel Yogyakarta Airyrooms

Tidak perlu khawatir perihal akomodasi, sebab kalian bisa melakukan pemesanan hotel di Jogja dari Airy Rooms dengan mudah—baik melalui website, Android Apps atau Ios Apps.

Seluruh hotel Airy Rooms memberikan jaminan fasilitas terbaik kepada para pengunjungnya, mulai dari kamar tidur yang bersih, AC, perlengkapan mandi yang lengkap, TV layar datar, air minum gratis, shower air hangat, serta WiFi Gratis.

Tidak perlu khawatir, hotel Airy Rooms menawarkan harga yang terjangkau dengan proses pembayaran yang fleksibel, melalui bank transfer, kartu kredit, bahkan di gerai Indomaret. Sebagai jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia, hotel Airy Rooms sangat mudah untuk ditemukan.

Jika ingin mendapatkan harga hotel Airy yang lebih murah lagi, nih bisa pakai kupon untuk dapat diskon 30%, gunakan kode kupon di bawah ini saat transaksi :

Kode kupon : AHM30

Periode bookingnya sampai 30 September 2017, dan periode menginapnya kapan saja. Jangan sampai kehabisan ya!

Pesan Hotel Yogyakarta di Airyrooms

Jadi, sudah siap mengenang berbagai sejarah di Kota Yogyakarta? Yuk meluncur.

Advertisements

8 Comments Add yours

  1. Wih sama, Jogya selalu ngangenin. Beda ama suami yg pingin nya ke tempat baru ga diulang ulang Jogya lg dan lg 🙂

  2. Arman says:

    belum pernah ke jogja.. kaykanya asik ya jalan2 di jogja…

    1. zilko says:

      Waaah masa belum pernah ke Jogja? Next time mesti dimampirin! Hahaha 😛

  3. zilko says:

    Jogja memang istimewa, tapi pendapatku kayaknya bias, hahaha 😆 .

    1. Mia says:

      loh kak zilko asli jogja kah??

  4. Mia says:

    Jogja seruuuuu…. aku lupa dimana aja, tapi dulu juga sering ke museum museum di jogjaaaa 😆😆

  5. monda says:

    masih banyak banget yg belum didatangi di Jogja…., aku baru tau Museum Batik dan Sulam, hadeeh..
    kemarin ke Jogja terpesona sama Pulo Kenanga, terusannya Taman Sari, terpesona sekaligus gedeg he.. he… penduduk bangun rumah di dalam situs itu

  6. nyonyasepatu says:

    Museum
    Itu aku belon pernah tau 🙉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s