Summer Pop Up Bar

Tren yang belakangan makin rame selama musim panas beberapa tahun belakangan ini adalah menjamurnya summer pop up bar, semacam tempat hang out yang buka nya hanya saat musim panas doang dan menjelang akhir September seperti sekarang mereka bakal tutup sampai musim panas depan.
Namanya juga hanya buka sementara waktu aja, lokasi yang dipilih seringnya ajaib-ajaib, kayak di gudang pelabuhan ( disini kebetulan adalah salah kota pelabuhan terbesar di dunia ) , di pinggir sungai, di taman kota, di rooftop, ah you named it lah, asal ada lahan kosong tahu-tahu bisa banget tuh jadi tempat kongkow yang happening kalau musim panas tiba.

Yang paling menarik perhatian tentunya adalah desain yang mereka pilih dong ya karena desain yang seru kan yang biasanya dicari orang, sebisa mungkin beda dari yang lain dan gw peratiin mereka banyak yang milih model desain seperti industrial dan bohemian, mungkin paling gampang kali ya karena namanya juga memanfaatkan ruangan kosong yang biasanya abandoned, gak perlu setting macem-macem karena aslinya udah seperti itu, tinggal taro banyak tanaman di setiap sudut dan karpet deh.
Syarat lain tentunya wajib ada outdoor space, walaupuan musim panas bisa sering banget hujan dan dingin juga kalau disini, tapi tetep deh ruangan outdoor itu wajib hukumnya, minimal si empunya bisnis nyediain table lounge heater supaya tamunya bisa tetep enjoy di luar walaupun dingin.

Di summer pop up bar gini mereka biasanya paling banyak jual minuman dan light snacks, orang biasanya datang setelah jam kantor buat kongkow terus jam makan malam mereka cabut ke restoran lain, tapi ada juga yang nyediain makanan berat dan sepertinya barbeque masih jadi pilihan nih kalau gw lihat di beberapa tempat.
Ada juga lho summer pop up bar yang ga ada dapur nya, jadi mereka hanya sediain bar nya, ruangan untuk pengunjung dan nyediain musiknya ( biasanya DJ ) , dan untuk makanan kita bisa pesen dari Deliveroo ( semacam Go-Food ) yang dipilih jadi rekan bisnis mereka. Seru ya, jadi kadang gw pesen sushi dari restoran Jepang favorit dan suami gw pesen burger dari restoran lain, makannya bareng di satu tempat, asik kan 🙂

Untuk menarik minat orang, pop up bar kek gini sering banget juga bikin program acara yang asik-asik kayak misalnya hari minggu ada sesi yoga diikuti dengan brunch, ada perpustakaan umum, dan namanya aja sih ‘bar’ , kesannya kalau di pikiran orang Indonesia terdengar adult sekali ya, padahal sih prakteknya tempat-tempat seperti ini ramah untuk keluarga segala usia kok, anak kecil sering ikutan orang tuanya hang out dari sore karena kan mereka liburan musim panas juga tuh, so why not.

Semakin lama semakin gw ngerti kenapa disini jarang banget ada mall, shopping streets sih selalu ada di tiap kota, tapi mall besar raksasa sama sekali gak ada, karena sepertinya emang orang-orang lebih memilih untuk menikmati setiap musim dengan cara yang asik, intimate, dekat sama alam dan ga perlu cari hiburan ke mall.

Screen Shot 2017-09-20 at 23.35.56

pop up bar

summer pop up bar antwerp

summer pop up

Screen Shot 2017-09-20 at 23.35.38

Screen Shot 2017-09-20 at 23.42.18Vlog - Trip to Paris on Spring Time-4

35405857823_8521045b9c_o

 

Advertisements

20 thoughts on “Summer Pop Up Bar

  1. Desainnya lucu-lucu, pantesan anyaman bambu kek model keranjang dari Sleman seperti di salah satu gambar di atas laku banget diburu orang luar Indonesia. Kalau sarung bantal unyu berbahan sarung atau batik sudah banyak dijumpai di kafe-kafe di sana nggak, mbak Feb? 🙂

  2. Ih kok lucu banget tempatnya! Dulu di Leiden juga ada nih kayak gini, di bekas area perkantoran yang mau dibangun apartemen. Berhubung konstruksinya baru mulai bulan September, jadilah mereka bikin lahan kosong itu jadi summer bar sepanjang musim panas. Ada food truck, tempat beli minum, pantai buatan, lapangan futsal mini bahkan ruangan kecil untuk music performance. Karena tahun lalu pas banget Olimpiade makanya sering ada acara nonton bareng juga disitu.

    1. iya Ai, semua bisnis F&B pasti rame bgt ya outdoor nya, kebayang deh pub2 di Dublin numplek orang di luar….disini pop up bar gini udah bbrp tahun, kalau di Brussels biasanya byk yang pop up roof top bars gitu..

  3. Kok kereeen banget sih, summer jadi makin asik dong ya,
    jadi nggak heran juga di sini banyak mall, karena orang kurang hiburan. haha.. eh atau sebaliknya ya? Orang males bikin tempat yang bagus karena penduduknya lebih suka ngemoll? qeqeqeqeq 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s