Ih keknya seram ya?

Di Indonesia ada beberapa hotel dalam satu naungan managemen yang temanya adalah museum, jadi disini kita bisa melihat banyak artifak kuno, lukisan tua, segala jenis patung dan masih buanyakk lagi, dimana semua koleksi ini adalah milik dari si pemilik hotel ini, ah kalian tahu lah ya pasti hotel-hotel yang gw maksud ini hotel apa. Untuk menyesuaikan tema, pastilah warna dinding sampai tekstil yang dipakai juga dipilih warna-warna hangat yang buat gw sih keren banget ya.
Persoalan muncul ketika gw mengupload foto-foto di hotel ( dan restoran2nya ) ke sosial media, responds yang paling banyak masuk adalah “ih horor banget yak”, “ya ampun ga serem nginep disitu kak?”, “eh itu kan lukisan yang ngeri banget itu ya?”
Terus terang deh baca komen2 kek gitu bikin genggeus, gw emang bukan yang pemberani kek gimana, sering culun juga lah kalau ada di kegelapan atau kalau lagi bayangin yang aneh-aneh, nonton film horror juga ogah, tapi ini kan menurut gw beda ya, yang satu emang film yang menampilkan serba horror dan memaksa kita harus untuk takut, dan yang ini adalah foto dari bagian hotel yang menampilkan seni tinggi, peninggalan dari sejarah negara kita juga.

Kelar dari cerita hotel diatas, satu hari gw posting foto terowongan cinta di Ukraina, fotonya yang kek ada disini. Jelas deh kalau foto itu emang gw lagi di tengah hutan, lokasinya emang kek gitu dan masih terang benderang langitnya juga, dengan situasi yang menurut gw menyenangkan banget seperti itu pun, ada lho komen yang bilang “keknya ngeri deh feb disitu” , i was like ‘nyari mata mendelik” emoji.

giphy

Terus terang perintilan kek gini bikin gw mikir kadang, kenapa ya orang kita keknya bawaanya horror2 mulu, dikit2 ah serem ah, gak mikir cerita di balik artifak itu seperti apa, dan siapa perempuan dalam lukisan yang menurut mereka menyeramkan tersebut misalnya.
Sampai pada akhirnya gw mengambil kesimpulan apakah mungkin karena dari kecil kita sudah ditakut2in sama cerita tuyul, genderuwo dan kuntilanak? Yang sedikit-sedikit kalau kita bandel, orang yang lebih tua langsung nyerem2in dengan bilang “ihhh nanti ada siapa tuh disituu…ihhh ada pocong lho” , yang otomatis bikin kita parno dari masih kecil sampai akhirnya tanpa sadar kebawa sampai dewasa.

Waktu gw ke Mesir dan liat mummy nya Tutankhamun yang waktu itu masih disimpan di tempat aslinya di dalam goa di bawah tanah, banyak banget anak-anak kecil yang ikutan orang tuanya, gw sempet mikir wah kalau orang tua Indonesia bisa mikir sejuta kali buat ajak anak-anak mereka ngeliat ginian, alasannya: takut ah nanti kesambet !

Advertisements

21 thoughts on “Ih keknya seram ya?

  1. Aku sih nggak pernah (blm dan tak ada rencana) nakut2in anak dgn hantu dsb. Kecuali klo udah Maghrib dan ni bocah masi pengen nongkrong di teras, pasti aku larang: โ€œHey klo udah mau Maghrib jangan main diluar, ada wewe lho!โ€ Coz itโ€™s true, tho, hahaha.

  2. Ahhh sama bangett ini.. Gw malah genggeus waktu ke Sawah Lunto, padahal pen tau sejarahnya si lubang tambang, malah dijelasin sama guidenya “Ini yg waktu itu uji nyali tuh disini… disini.. disini”… Ngeselinn bangett deh. Ke Lawang Sewu juga gitu. :I

  3. Ah, betul juga ya. Aku baru sadar dengan ini. Memang sepertinya budaya di Indonesia begitu ya, cukup erat kaitannya dengan yang begitu-begitu dan itu semua diidentikkan dengan keseraman.

  4. Aduh entah asalnya dari mana ya, tapi saya orangnya penakut. Mungkin udah jiper sendiri kalau main ke tempat-tempa yang kental suasana mistisnya ๐Ÿ˜“

  5. I feel you! Gue kan memang hobi eksplor tempat-tempat bersejarah, reruntuhan candi, museum-museum, dan hotel yang antik gitu. Tapi ada sebagian orang yang kalau diceritain reaksinya kalau gak “ih tempat itu kan serem!”, atau “lo gak takut, Bam?”, atau “horor banget sih kayaknya.” Gue selalu ketawa miris setiap kali denger komen semacam ini. Tempat-tempat itu kan aset tak ternilai dari negara ini, eh bukannya diapresiasi dan dipelajari malah dihindari dengan alasan serem.

  6. aku juga bingung kenapa ya kita ini sedikit2 di kaitkan dengan mistik tanpa melihat sisi lain dari suatu hal. .hmmm
    dan dari kecil anak2 sudah di doktrin dengan tahayul2 aneh.. bzz!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s