Almost Christmas, So Long 2017

Yaay almost Christmas ! Ho ho ho…..sounds like gw semangat banget ya menyambut Natal, padahal sih to be honest with you gw biasa banget sama perayaan Natal, gw lebih prefer menghayati perayaan Jumat Agung dan Paskah, tanpa mengecilkan perayaan Natal itu sendiri. It just like Natal yang sekarang hanya mengedepankan gaya hidup konsumtif  menjelang hari Natal, dan kebiasaan ini sudah seumur hidup gw rasain dan rasanya melelahkan. Dari jaman kecil masih tinggal di rumah orang tua, tiap bulan Oktober nyokap udah mulai nyuruh tukang untuk ngecat rumah, tiap tahun.
Masuk Desember udah ribet ngerencanain masak apa, ke tukang jahit untuk jahit seragam paduan suara disana dan disini, not to mention beberapa baju baru untuk pesta Natal.
Bicara mengenai nostalgia ya kangen juga sama keribetan orang rumah kala itu, namun mungkin hanya rindu kebersamaannya dan bukan keribetan menjelang Natalnya.

Punya rumah tangga sendiri gw lebih easy menyambut Natal, hey I m the queen of the house dan gw dan suami bisa mengatur gaya hidup rumah tangga seperti apa yang kita mau, karena di waktu inilah kita bisa figure everything out in terms of our relationship with God tanpa embel-embel komersial duniawi dan tentunya ke hubungan antar sesama dan makhluk hidup lainnya.
Untungnya di keluarga suami pun mereka sangat easy, kadang ada yang menawarkan rumahnya untuk hosting Christmas dinner, tapi seringnya lebih memilih makan ke restoran bersama-sama, selain itu seringnya mereka juga liburan Natal sekalian liburan musim dingin. Kami pun setiap minggu pertama dan kedua di bulan Desember selama menikah ini tidak pernah ada di rumah karena wedding anniversary trip yang kami lakukan rutin selama 10 tahun ini, so literally ga ada kehebohan menjelang Natal karena energinya untuk hal lain.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Talking about menjaga hubungan yang seimbang ke sesama makhluk hidup lainnya, beberapa tahun ini kita juga menghindari membeli pohon Natal dari pohon pinus segar, as much as how I love the scent of fresh pine trees at home tapi biarlah paling tidak ada satu pohon pinus yang masih aman di alam sana karena kami tidak membelinya. Perjuangan pohon-pohon pinus untuk berjuang hidup selama paling tidak 10 – 15 tahun di perkebunan lalu secara massive dipotong untuk dijual untuk kenikmatan sementara,  dan setiap tanggal 5 Januari perusahaan sampah akan mengambil dari depan rumah setiap orang yang beli pohon pinus tersebut, lalu dibakar serentak. Entah berapa ratus juta pohon di seluruh dunia harus habis selesai hidupnya di pembakaran, bukankah tradisi pohon pinus dianggap sebagai simbol Natal karena melambangkan “hidup kekal”, sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara yang selalu hijau daunnya, then why should we let them die and burnt for just a sentimental reason.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Selamat Natal untuk teman – teman yang merayakan dan selamat menjelang Tahun Baru 2018 untuk semuanya, semoga tahun yang baru akan banyak keajaiban yang datang dan mimpi-mimpi yang menjadi kenyataan. xoxo

Advertisements

20 thoughts on “Almost Christmas, So Long 2017

  1. Setuju dengan pohon natal Feb, meskipun akan tampak lebih ‘cool’ dan fresh daripada yg plastik, but I honestly feel sorry for the trees and the environment so I do plastic tree or just a branches of some old trees yg uda ga berguna untuk hiasan/pohon natal kita.

    Sepertinya Natal jadi seperti aji mumpung untuk overly doing xmas dinners, lunches, pre-xmas dinner, and not to mention hundreds or thousands of expensive xmas pressies ya. Sampai pusing sayah liatnya di sosmed sementara gw yg merayakan natalan beneran biasa2 aza thu😝😝

    Met hari natal yah Feb semoga damai natal membawa berkah untuk kita semua, dan have a wonderful new year too😘😘

    1. Exactly just what i thought mbak, untungnya byk kreasi pengganti pohon natal dan malah terlihat jauh lbh keren , trendy ,dan ramah lingkungan seperti ranting2, atau pohon rumahan lainnya di dlm pot 🌿

      Mau beli kado aja mesti nunggu Natal ya, kl pengen sih anytime ya hahaha

      Merry Xmas Happy New Year mbak

  2. Aku malah penasaran banget dengan perayaan Natal kak! Secara keluarga ga merayakan natal, dan kalo diliat dari film2 kok kyknya magical bangetttt!
    Oh tapi ternyata kl baca dari ceritamu, mirip2 dg perayaan CNY sih yaaaa. “Bagus2in” rumah, masak yang banyak, beli baju baru -_- Emang bener konsumtif banget.

    Selamat natal and happy holiday kak Fe & suami! ❤️

  3. Iya, Natal memang terkomersialisasi banget ya. Ngomongin plastic tree, aku baca-baca sebenarnya plastic tree justru lebih buruk daripada real tree, katanya sih 😀 .

    Anyway, Selamat Natal!!

    1. Iya bener carbon polusi jadinya, tp byk varian lain pengganti pohon natal kayak ranting2 yg dibentuk pohon, atau tumpukkan buku, byk bgt yg kreatif, keren2 dan eco 🙂
      Merry Xmas Ko !

  4. Sedangkan disini masih ribut2 ngucapin selamat Natal atau engga sama ngeributin atribut natal hahaha, dari taun ke taun. Sampe bosen.
    Aku sih bertahun2 ga pernah punya pohon natal, baik yg plastik maupun yg asli. Kalo yg asli jelas disini susah carinya, trus sayang juga udahannya cuma dibuang gt aja. Sedangkan yg plastik, banyak debu hahaha trus mahal. Jadi kita cukup nikmatin pohon natal di mall aja 🙂
    Selamat Natal mba Fe dan keluarga, selamat liburan

    1. Hahah iya bener mau lihat pohon natal besar bisa ke christmas market kl disini tp udah byk jg xmas market yg ga pake pohon natal tp varian lainnya. Terima kasih ya Maya, happy new year!

  5. Pohon Natal asli, seger dan ada aroma khas pinus gitu. Resenya beberapa bulan kemudian kadang masih ketemu rontokan daunnya yang tajem, nyelip di mana gitu 😀. Gw merayakan Natal juga nyante dengan keluarga ipar di sini. Yang penting ngumpul sembari makan-makan. Fijne kerstdagen daar!

    1. Jalan2 ke hutan jg bisa ya mbak cium aroma pinus sepuasnya, iya kl udah rontok ribet sendiri, gw kesian kl liat tgl 5 dibuang dan dibakar serentak 😦

      Selamat menjelang Natal mbak xoxo

  6. aku juga bingung sama orang2 di sosmed yang mau xmas aja hebohnya ngak ketulungan dan harus ada baju baru setiap natalan..
    sudah beberapa tahun belakangan ini aku ngak ngerasa baju baru setiap natalan itu penting karena natal itu bukan ajang pamer tapi lebih ke makna natal sendiri yang harusnya kita boleh rasain.

    Merry Christmas and Happy New Year Kak Feb! 🙂

  7. Gw juga ga pernah heboh kalau Natal lol. Gw suka sih dengerin lagu2 Natal (bangettt!), apalagi kalau di luar dingin gitu ya udaranya. Tapi gw ga pernah punya pohon natal, apalagi pohon pinus asli haha. Menurut gw Natal ga identik dengan pohon natal, tapi yang penting hati dan pikiran kita, seperti kata kak Feb. Gw suka sih kalau keluar lihat dekorasi2 Natal dan kadang mama juga suka dekorasi rumah tapi gak pernah terlalu heboh, yah sekedar pasang wreath aja. Yang penting sukacita dan damai ya kak 😉 Merry Christmas to the both of you!

  8. Kalo gw mengakui diri anak yg pemalas, jadinya lelah sama ritual Natal waktu di rumah dulu. Yang ada tuh ke Gereja ga konsen saking seringnya sampai jam 12 malam sebelum Natal masih sibuk di dapur buat masak. Kalau masak buat ber 4 anggota keluarga aja sih masih ok, ini masaknya banyakk bgt..haha.. Skrg ga mau lagi, mending milih pergi liburan deh 😀 Yg deket juga gpp, yg penting bersama2..

    Selamat menyambut Natal dan Tahun Baru ya Fe & Suami.

  9. Merry Christmas and happy new year to you and husband, Fe! ❤ aku kangen tradisi tukar kado dan kue kastengel di keluarga nyokap kalo natalan.. padahal disini juga ada tukar kado sama orang2 Indo tapi masi homesick aja ini mah 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s