5 Bahasa Cinta

Jauh banget sebelum nikah gw pernah dikasih buku sama ex kolega gw, saking udah lamanya gw sampe lupa namanya dia siapa tapi gak akan lupa wajahnya. Di satu siang out of the blue dia dateng ke meja gw dan kasih buku dari Gary Chapman ini, judulnya The Five Love Languages.

Jadi di buku psikoligis ini ditulis mengenai setiap hubungan sebaiknya setiap orang mengenal bahasa cinta apa yang dimiliki oleh pasangannya. Bahasa cinta ini adalah  cara utama seseorang mengekspresikan dan menerjemahkan cinta.
Banyak ya diantara kita yang sedang menjalankan hubungan biasanya mikir kek gini “keknya aku udah ngelakuin banyak hal untuk bikin dia happy deh tapi keknya dia nggak menghargai sih?”  , biasanya hal ini terjadi karena salah baca bahasa.

5love_header

Kalau dijelaskan dengan ringkes, 5 bahasa cinta ini semacam pondasi yang setiap orang pasti memilikinya, dimana kelima bahasa cinta itu adalah  :

1. Word of Affirmation
Atau pujian dan kata-kata yang membangun, seperti tulus menanyakan bagaimana kabar pasangan di hari itu, ini simple banget ya padahal kalau dipikir-pikir tapi kalau pasangan kamu memiliki bahasa cintanya adalah word of affirmation ini, wah langsung deh bikin klepek-klepek dan merasa sangat dihargai

2. Quality Time / menghabiskan waktu bersama / kebersamaan
Ciri-ciri pemilik bahasa cinta ini adalah dirinya merasa lebih senang ketika ditemani pasangan dan cenderung nggak nyaman kalau beraktifitas dan pasangannya gak ada disana. Biasanya yang bikin ia sedih adalah ketika pasangannya ada disitu bersama dengannya tapi hanya badannya sedangkan otaknya di tempat lain.

3. Receiving Gift / memberikan hadiah
Jangan diartikan dengan matre sih ya, tapi coba deh bayangin misalnya istri kamu nih ya lagi belajar masak, terus tahu-tahu kamu pulang kantor bawa buku resep atau misalnya produk airfryer terbaru, bah kebayang gak dia senengnya gimana. Keknya sih bahasa cinta nomor 3 ini lebih banyak perempuan ya yang punya, jadi gw kasih contoh diatas untuk perempuan.
Makanya menginggat tanggal penting itu wajib lho bo, karena biasanya perempuan pengen pasangannya untuk ingat hal – hal sentimental seperti itu, pengen dikasih kado juga sih kl gw ha ha ha

4. Act of Service / melayani
Hal ini biasanya seputaran kegiatan di dalam rumah tangga, you know hal sepele seperti bantuin siram tanaman, vacuum rumah, etc. Tanggap dan penuh inisiatif menawarkan bantuan ini penting banget untuk dilakukan jika pasanganmu punya bahasa cinta seperti ini, hal kecil bisa berarti luar biasa untuk dia.

5. Physical Touch / sentuhan fisik
Dan gak melulu tentang sex kok, tapi bergandengan tangan, memeluk , atau sekedar menepuk punggung. Sentuhan fisik kan memang dipercaya ya dapat meredam semua emosi.

Nah setiap kita pasti punya bahasa cinta yang dominan kalau menurut si Gary Chapman ini, ingat ya dominan, jadi ga bisa deh kalau kita bilang wah bahasa cinta gw sih semuanya, no, harus yang dominan.

Untuk mengetahui bahasa cinta apa yang kita punya pasti gampang jawabnya karena ya kita tahu sendiri kan kita sukanya apa dan inginnya bagaimana diperlakukan.
Akan menjadi persoalan untuk mengenal bahasa cinta pasangan kita, no matter udah seberapa lama dia menjadi pasangan kita tapi tetap deh kadang ini hal yang misterius.
For my own case, gw pernah ngobrol sama suami gw dimana gw bercerita mengenai isi buku ini dan disitulah gw berkesempatan nanya secara jujur ia harus memberikan jawaban bahasa cinta yang mana yang ia anut. Dengan diskusi seperti ini secara langsung we are working out to keep the fire alive.

Beberapa waktu lalu temen perempuan gw memutuskan bercerai setelah hampir 15 tahun menikah, alasannya karena gak nyetrum lagi, maksudnya gak ada nada-nada cinta diantara mereka, atau tepatnya di si perempuannya sih, sedangkan suaminya ga mau cerai karena menurut dia semua baik-baik aja kok.
Suatu hari si perempuan posting quote2 di IG gitu, isinya tentang kurang lebih ya tentang menurut dia banyak orang yang gak mengerti apa arti romantisme, setiap orang bisa beli bunga atau perhiasan padahal disitu ga ada cinta, sedangkan arti romantis yang sesungguhnya adalah segala sesuatu yang ditunjukkan setiap hari seperti random text di tengah siang bolong, dansa santai di dapur, atau recording ur favorite TV show.
Bacanya sedih ya, sebenernya yang dia mau sebenarnya sederhana tapi bisa jadi pasangannya gak bisa membaca bahasa cinta yang dia punya. Salah baca bahasa cinta ini memang bisa berakhir menjadi sangat menyedihkan.

Happy Monday!
Jangan lupa perhatikan bahasa cinta pasanganmu, xoxo

Advertisements

20 thoughts on “5 Bahasa Cinta

  1. tahun ini aq 7 tahun nikah, masih sering ribut2 kecil yang gak jelas, tp memang selalu ada up and down yah mbak untuk pernikahan tuh, kita pinginnya yang sederhana aja tp pasangan kita kdg mikirnya kita istri pinginnya yang selalu wuah… tx udah reminder mbak..

  2. Ah, menarik ulasannya! Iya juga ya setiap orang kan memang berbeda-beda sehingga dalam mengungkapkan cinta pun berbeda-beda pula. Menjadi penting untuk tahu gaya pengungkapan cintanya terutama ketika dalam relationship.

  3. Tentang point nomor satu, nanya hal sepele kayaknya suamiku seneng klo aku nanya gimana tadi di kantor? Dia bisa nerangin dgn penuh antusias. Tapi klo dia nanya tentang gimana tadi di rumah pada ku, aku biasa biasa aja jawabnya ga gimana nanggepinnya, tapi klo dia bantu bantu hal sepele kayak beresin poring bersih ke lemari atau apa lah, aku suka banget😍, dan tentunya hadiah hadiah kejutan 😁

  4. Sentuhan fisik, quality time & perhatian ke hal kecil itu yang menurut gw pribadi penting untuk gw dan suami. Kalau kado ya itu ekstra, dikasih ngga nolak ha..ha…So sorry untuk temen loe dan suaminga itu Fe.

  5. Bagus tulisannya, Feb.. Menginspirasi.. Orang di sekitarku banyak juga yg salah terjemahan atau salah baca bahasa cinta ini dgn pasangan mereka, sebagian di antaranya berakhir dgn perceraian.. Yang terakhir malah udah nikah 20 tahun, akhirnya bercerai. Sedih..

    1. Antara salah baca dan ga mau berusaha utk menganalisa jg kali ya Em, rambut boleh sama hitam tapi kl bahasa cinta keknya bener2 dipelajari dgn baik. Self reminder jg untukku 🙏🏼

  6. Setuju dengan semua poin diatas, sangat universal, Ikut prihatin dengan kabar kawannya mbak. Setiap pasangan itu unik, demikian pula kebutuhan-kebutuhannya emosinya, sesuai masa lalu masing-masing. Apalagi cara pria dan wanita berkomunikasi berbeda

  7. “Biasanya yang bikin ia sedih adalah ketika pasangannya ada disitu bersama dengannya tapi hanya badannya sedangkan otaknya di tempat lain.” ku sedang mengalami ini, aku kalah sama youtube stand up comedy. sedih >_<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s